MoU Simpul Jaringan Permudah Dapatkan Data Peta Digital hingga Pekon

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Di era yang semakin modern ini, teknologi digitalisasi semakin merambah ke segala aspek. Tak terkecuali peta digital. Untuk memenuhi kebutuhan di era digital dan mempermudah perolehan data-data geospasial serta gambar rupa bumi hingga tingkat pekon (desa), Pemerintah Kabupaten Tanggamus merangkul Badan Informasi Geospasial (BIG). Kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk Memmorandum of Understanding (MoU) Simpul Jaringan.

Kamis (22/2), Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tanggamus Hi. Andi Wijaya didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Hi. Hendra Wijaya Mega melakukan penandatanganan MoU bersama BIG di Gedung C Lantai 1 BIG Bogor, Jawa Barat.

Dalam rilis singkat yang dikirim Hendra Wijaya Mega pada translampung.com via Messenger kemarin pagi, diketahui penandatanganan MoU terbagi dalam dua sesi. Pertama, penandatanganan MoU Simpul Jaringan antara Plh. Bupati Tanggamus Andi Wijaya dengan Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati.

“Berikutnya di kesempatan yang sama, saya juga turut menandatangani Kesepakatan Simpul Jaringan, tetapi dengan Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama BIG, Wiwin Ambarwulan,” ujar Hendra Wijaya.

Dari sambutan Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin yang dikutip Kepala BAPPEDA Tanggamus, pertama BIG mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Plh. Bupati dan Kepala BAPPEDA Tanggamus beserta rombongan, untuk menghadiri acara penandatanganan MoU.

“Melalui MoU dan Kerjasama Simpul Jaringan dengan BIG, diharapkan Pemda Tanggamus dan pemda lainnya, semakin memperoleh kemudahan data-data yang berkaitan dengan peta digital,” ungkap Hasanuddin Zainal Abidin dikutip Hendra Wijaya.

Kemudian Andi Wijaya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama antara BIG dengan Pemkab Tanggamus. Diharapkan pada waktu mendatang, dapat dilakukan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang geospasial di Kabupaten Tanggamus.

“Kemudahan yang didapat melalui kerjasama ini yaitu, peta digital dapat diminta secara cepat oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau satuan kerja dan semuanya itu gratis,” tutur Andi Wijaya.

Di samping itu, Sekretaris Daerah Tanggamus itu melanjutkan, masih banyak lagi kemudahan yang didapatkan Pemkab Tanggamus dalam hal pemetaan wilayah hingga ke tingkat pekon/desa di seluruh wilayah kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama.

“Kemudahan dalam pemetaan antar-pekon dan kecamatan dapat diakses dengan cepat. Sehingga Pemda Tanggamus dapat memperoleh seluruh data dan peta rupa bumi yang dibutuhkan,” papar Andi Wijaya optimis.

Selain Kabupaten Tanggamus, dalam kesempatan yang sama, BIG juga melakukan penandatanganan MoU dengan pihak-pihak lainya. Seperti Pemkab Anambas, BRI Pusat, Kementerian Pendidikan Nasional, Universitas Lambung Mangkurat, dan Institut Teknologi Surabaya.

Turut mendampingi Plh. Bupati Tanggamus, yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Tanggamus Gilas Kurniawan, Kepala Dinas Permukiman Mukifli Novem, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Robin Sadek, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Firmanto, dan Kepala Bidang Humas Infokom Dinas Kominfosandi Derius Putrawan. (ayp)

 

 

News Reporter