Mitra Bentala: Terjadi Penebangan Mangrove di Pahawang

0
487
views

Penebangan hutan mangrove telah terjadi di Dusun Lima Pahawang, Suak Parak – Desa Pulau Pahawang, Kab. Pesawaran. Itu terungkap dalam halaman resmi facebook Mitra Bentala yang dibuat Manager Advokasi dan Kebijakan Supriyanto, SH.

Dijelaskannya, berdasarkan hasil investigasi Mitra Bentala dan pantauan langsung Badan Pengelola Daerah Perlindungan Mangrove (BPDPM) Desa Pulau Pahawang, di lokasi tersebut telah terjadi penebangan hutan bakau seluas 100 meter persegi. Itu termasuk wilayah area yang sudah dikonservasi oleh BPDPM dan wilayah belajar Anak Peduli Lingkungan SDN Pulau Pahawang saat ini sdh terbabat habis dari yang direncanakan akan dikonversi yaitu seluas 900 meter persegi/kurang lebih 1 ha.

Aksi penebangan pohon bakau tersebut dilakukan pada 9 – 11 Maret 2016, aksi penebangan pohon bakau/mangrove tersebut dilakukan atas perintah salah seorang oknum anggota DPRD-Kab.Pesawaran, yang menurut informasi masyarakat setempat telah membeli wilayah daratan yang berbatasan dengan pantai bermangrove tersebut., rencana wilayah tersebut akan dijadikan sebagai lokasi pariwisata.

Perlu diketahui bahwa ketentuan hak kepemilikan lahan yang di miliki oleh perorangan di wilayah yang berbatasan dengan laut bukanlah pada wilayah pantainya, pengertian wilayah pantai menurut UU No 27 Th 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, yang perubahan sebagiannya ada dalam UU N0.1 Th 2014 yaitu meliputi area pasang surut – pantai dan laut. Area tersebut merupakan area publik yang dimiliki oleh negara. (rls)

LEAVE A REPLY