Miris, Pembalakkan Liar masih Hantui Hutan Tanggamus

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Hutan register di Kabupaten Tanggamus, hingga kini masih saja menjadi sasaran empuk para pelaku illegal logging. Terbaru, aparat berhasil mengamankan tigapuluh batang kayu sonokeling yang diduga merupakan hasil pembalakkan dari Hutan Register 28 Kecamatan Pugung, kabupaten setempat.

Sayangnya sopir dan awak kendaraan berhasil kabur, ketika personel gabungan Tentara Nasional Indonesia Kodim 0424 Tanggamus dan Koramil 424/05 Pagelaran menggerebek mereka, Kamis (8/3) sekitar pukul 12.30 WIB. Danramil 424/05 Pagelaran Kapten Puryanto mengatakan, sebelumnya koramil menerima laporan dari masyarakat terjadi pembalakkan di Register 28 Pekon Pertiwi, Kecamatan Pugung.

“Berbekal laporan itu, kami langsung berkoordinasi dengan Kodim 0424 dan Polres Tanggamus. Lalu kami kerahkan personel menuju lokasi dimaksud. Alhasil, puluhan batang kayu sonokeling bernilai jual puluhan juta rupiah, berhasil kami amankan. Namun para pelaku berhasil kabur (saat penggerebekan),” ungkap Puryanto, mewakili Dandim 0424 Tanggamus Letkol (Arh) Anang Hasto Utomo di Mapolsek Pugung.

Di lokasi penggerebekan, danramil melanjutkan, pihaknya hanya mendapati satu unit mobil pick up Mitsubishi L300 BE 8034 ZF. Kondisi pintu kokpit mobil terkunci, namun baknya penuh bermuatan puluhan batang kayu dilindungi berukuran dua meter.

“Saat ini, barang bukti berupa kayu-kayu gelondongan dan kendaraannya, kami serahkan pada Kapolsek Pugung dan diamankan di mapolsek setempat. Untuk kemudian dikoordinasikan dan dilaporkan pada Kapolres Tanggamus,” tutur Puryanto lagi.

Dia berharap, permasalahan illegal logging yang masih terus saja terjadi di wilayah Tanggamus, bisa dituntaskan. Agar kondisi hutan di Register 28 bisa diselamatkan, bukannya semakin rusak akibat sifat serakah oknum manusia.

“Dengan kejadian ini, langkah selanjutnya, TNI juga akan memonitoring dan bekerja sama dengan POLRI serta POLHUT untuk terus berkomitmen menjaga hutan-hutan di tanggamus dari tindak pidana pembalakkan liar,” tandas danramil. (ayp)

 

 

News Reporter