Miras masih Beredar Luas di Masyarakat

Disdag Sidak Peredaran Miras di Kota Metro

TRANSLAMPUNG.COM, METRO-Tim gabungan Dinas Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Metro melakukan sidak kesejumlah supermarket, hotel, café, tempat hiburan (karaoke), sampai ke distributor, Selasa (7/3).

Dalam sidak tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro Pansuri mengatakan, sidak tersebut berkaitan dengan amanat peraturan Mentri Perdagangan RI No.06/M-DAG/PER/1/2015 tentang pengendalian pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

“Di Kota Metro sendiri, ternyata masih banyak ditemukan beberapa badan usaha sampai pengecer yang terang-terangan menjual miras tanpa dilengkapi dokumen lengkap,” ungkapnya kepada Radar Metro (Trans Lampung Group).

Dalam sidak tersebut, Grand Charly VHT Family Karaoke dan Inviz Kota Metro yang berlokasi di Jl. Jendral Sudirman positif menyediakan berbagai jenis miras bagi pengunjung baik mengandung alkohol sedang sampai berat. Saat ditanya pihak manager tidak bisa menunjukan berkas izinnya. Dengan alasan masih dibawa pimpinan izin itu dari pihak distributor. Makanya ini masih kita tunggu izin yang dipegang seperti apa.

Sedangkan untuk Candra Supermarket, ditemukan puluhan botol di rak lemari pendingin. Dulu informasinnya sudah memiliki izin tapi ini berkasnya akan kita cek kembali, masih berlaku atau tidak. Soalnya yang mengeluarkan dari Mendag RI langsung.

Sidak ini, lanjut Pansuri sifatnya bukan tindakan. Melainkan hanya memberikan pengawasan dan mendata, mana saja yang tidak memiliki izin. Sehingga dihimbau agar segera mengurus. Mereka diperbolehkan berjualan asalkan dengan catatan memiliki dokumen lengkap yang diterbitkan oleh Mentri Pergadangan RI.

“Diketahui juga Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memiliki Perda No.03 Tahun 2008 tentang larangan produksi , penimbunan, peredaran, dan penjualan miras. Namun, masih dalam proses dilakukan revisi nanti sama –sama kita tunggu hasilnya. Jadi saat ini masih berpatokan pada Mendag RI,” bebernya.

Usai dilakukan pendataan, Disdag berharap badan usaha benar-benar bias mematuhi peraturan pemerintah. Ini lahan bisnis para penguasaha jadi apa salahnya bila melengkapi kelengkapan dokumen perizinan. Karena menjual miras tidak sembarangan bisa dijual bebas. Ada syarat ketentuan yang harus dipatuhi,” ujarnya.

Disdag Kota Metro dijadwalkan akan terus melakukan sidak serupa untuk melakukan pengendalian terhadap miras di masyarakat.(fdy/tnn)

Lokasi Sidak Disdag Kota Metro

1. Candra Supermarket Kota Metro : Ditemukan Puluhan Botol
2. Hotel Grand Skuntum Kota Metro : Nihil
3. Distibutor Toko Sukianto : Nihil
4. Grand Charly VHT Karaoke Family : Ditemukan Puluhan Botol Miras
5. Inul Vizta Karaoke Family : Ditemukan Puluhan Botol Miras

News Reporter