Metro Gelar Percepatan Tanam Padi, Samplenya Gapoktan Sari Makmur

0
279
views

METRO – Dalam rangka mendukung upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi tahun 2016, Pemerintah Kota Metro melakukan panen perdana. Kegiatan ini juga, sebagai upaya pencanangan gerakan percepatan tanam padi di Kota Metro, yang berlangsung di sekitar hamparan sawah Gapoktan Sari Makmur, Kelurahan Tejosari, Metro Timur, Selasa (29/03/2016).

Sementara itu jajaran Anggota Fokorpimda Kota Metro, Kadis Pertanian Provinsi Lampung, Asisten II Kota Metro, Tim Upsus Pusat, Kepala BPSDA WSS Kota Metro, Kadis Pertanian Kota Metro. Selaim itu, tampak hadir para ketua Gapoktan, ketua GP3A dan P3A, dan ketua kelompok tani se Kota Metro turut menghadiri panen perdana seluas 15 Ha.

Sedangkang Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Yeri Ehwan melaporkan, dari tujuan pelaksanaan ini adalah untuk membangkitkan semangat dan motivasi bagi semua pihak. Khususnya masyarakat tani untuk mendukung UPSUS (Upaya Khusus) peningkatan produksi padi guna mendukung pencapaian target swasembada pangan nasional.

”Tercatat juga bahwa, pemerintah melalui kementerian pertanian dan provinsi telah menyalurkan sebanyak 38 unit handtractor, 17 unit mesin pompa air, 7 unit mesin tanam (transplanter), 7 unit mesin panen (combine harvester) dan RMU 1 unit,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro Achmad Pairin, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para Kelompok Tani Tejo Makmur I, yang merupakan anggota Gapoktan Sari Makmur, yang telah berhasil mengelola tanaman padi dengan hasil panen padi yang baik.

Pairin juga menyampaikan bahwa, Pemerintah telah  berkomitmen untuk mewujudkan Kedaulatan Pangan serta Swasembada Pangan. Tambahnya, ia juga meminta kepada  seluruh jajaran pemerintahan, untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam rangka pendampingan  para petani.

“Saya ucapkan terimakasih kepada  semua pihak, yang telah memberikan kontribusi nyata atas upayanya dalam membina para petani, serta memaksimalkan potensi lahan pertanian sehingga hasil pertanian yang dicapai  sangat  menggembirakan. Dan kedepan kita akan mengupayakan Kota Metro dapat mencapai target, dimana setiap satu Ha sawah menghasilkan gabah kering 10 ton dalam 2 musim tanam,” ucap Pairin.

Dalam kesempatan ini juga A. Pairin, menyerahkan secara simbolis bantuan benih kepada perwakilan petani setiap kecamatan. Dan di akhir acara, Walikota dan Wakil Walikota Metro beserta Anggota Fokorpimda melakukan panen padi secara simbolis. Dan bersamaan hal tersebut, mereka melanjutkan penyebaran benih padi. (rls)

LEAVE A REPLY