Mentan Gelorakan Menanam Cabai

0
68
views

TRANSLAMPUNG.COM-PERTANIAN-Menteri Pertanian Amran Sulaiman lakukan gerakan serentak penanaman Cabai kemudian melakukan simbolis bisa mengurangi pengeluaran APBN, penyerahan setidaknya lima ratus ribu bibit kepada tim PKK di Hortikutura park, Desa Sabah Balau Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Kamis (16/2).

Gerakan sudah mulai dicanangkan dari tiga bulan yang lalu oleh PKK itu merencanakan gerakan tanam Cabai untuk mengurangi permasalahan cabai yang hampir satu bulan belakangan.

Amran mengatakan kegiatan gerakan Cabai merupakan bentuk pengurangan pengeluaran yang cukup signifikan bila dihitung setiap bulannya.

“Bila ibu tanam Cabai bisa menekan biaya Rp2 juta per bulan untuk membeli Cabai dari 60 juta rumah tangga, bisa menghemat paling tidak 120 ribu perbulan dan bisa separuh dari pengeluaran APBN,” kata dia.

Tak hanya itu dirinya mengatakan bahwa kenaikan harga pada Cabai rawit disebabkan banyak faktor salah satunya yang paling berpengaruh adalah cuaca.

“Itu ada cuaca lanina hujan yang diluar normal, kemudian rantai pasoknya kita perbaiki karena harga Cabai masih bagus hanya Cabai rawit saja dan solusinya cepatnya dengan gerakan tanam cabai ini sehingga tidak ada lagi omongona tentang Cabai,” kata dia.

Kementrian juga menargetkan pada bulan Maret mendatang kestabilan harga Cabai mulai dirasakan masyarakat kembali.

“Ini kan karena iklim, jadi kami targetkan Maret, April, Mei sudah mulia membaik tapi kita akan upayakan secepatnya,” Sebut dia.

Dalam gerakan ini juga akan dilakukan pengawasan khusus dengan menerjunkan tim dari kementrian.

“Kami akan turunkan tim untuk diterjunkan ke lapangan, memantau langsung ke daerah sentra Cabai kemudian mengirim kepusat,” tutupnya.

Berdasarkan Pantauan pada acara tersebut Mentri pertanian melakukan simbolis penanaman dan penyerahan bibit Cabai pada polibek yang disediakan bersama Sekda provinsi Suyono dan Wakil ketua PKK Hasiah Bachtiar Basri yang menggantikan ketua PKK Yustin Aprilia Ficardo yang sedang cuti hamil.

Dalam kesempatan yang sama, Hasiah Basri mengatakan bahwa tim nya sudah melakukan sosialisasi ke seluruh daerah Lampung.

“Kita optimis dan sangat siap, karena semuanya sudah kami persiapkan semuanya, jadi yang datang sekarang langsung membawa bibit yang sudah ada ke daerah masing-masing, mereka juga sudah kami beri bekal cara penanaman atau pun merawat ini semua dilakukan untuk membantu masyarakat dalam persoalan Cabai,” pungkasnya.(r4)