Mentan Andi Arman Sulaiman Tinjau Provinsi Lampung

0
249
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Provinsi Lampung disambangi oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Arman Sulaiman.

Sedikitnya, Andi dijadwalkan ada tiga titik yang disambanginya, Yakni Panen Raya Jagung Desa Tanjung Agung Katibung Lampung Selatan (09.30 WIB); Penyerahan Bantuan Bibit Cabai 500 ribu merah dan raawit kepada ketua TP PKK Provinsi Lampung di Horti Park Sabah Balau Jati Agung Lampung Selatan (13.00 WIB); dan Panen Jagung Hibrida di Lahan Khusus Desa Trimulyo, Tegineneng, Pesawaran (15.30 WIB).

Sekprov Lampung Sutono mengatakan, diketahui Lampung sebagai daerah yang dinobatkan dengan swasembada pangan. Untuk itu, Pemerintah Pusat mendukung penuh Lampung.

“Makanya pak Menteri sering untuk datang ke sini,” ujarnya,

Dia berharap dengan adanya perhatian khusus dari Pemerintah Pusat ini bisa membuat Lampung semakin bisa stabil baik dari segi kualitas maupun produktivitas.

”Baik Pemprov maupun Kabupate/Kota, saya harap sinergi nya tidak putus,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perrtanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Edi Yanto mengatakan, untuk komoditi jagung, Lampung menjadi salah satu produsen terbesar di Indonesia.

Yakni dengan kontribusi 9,06 persen nasional. atau nomor tiga di Indonesia dan yang terwahid di Sumatera. Dengan sentra utama di 4 Kabupaten, yakni Lamsel, Lamtim, Lamteng dan Tanggamus dengan jumlah lebih dari 1,5 juta ton per tahun.

”Untuk itu, kita perlu mempertahankan prestasi ini. Agar, kita juga bisa menjadi tangan kanan pemerintah pusat dalam produksi dan kualitas jagung ini,” jelasnya.

Sedangkan Lahan jagung di Lampung seluas 360.000 Ha, mengingat Lampung adalah penyumbang utama kebutuhan pangan Nasional. Untuk itu, sambung dia perlu ada kebijakan-kebijakan tertentu untuk mendukung dan mempertahankan hal ini.

”Seperti regulasi perlindungan lahan pertanian termasuk jagung juga sudah kita lakukan. Agar, penekanan terhadap produksi, bisa tetap terjaga,” jelasnya.(tnn)