Memperdalam Makna Komputer Modern di Computex Memperkenalkan Prosesor 5,0GHz Pertama Intel, PC 5G, SSD Intel Optane Tercepat untuk Perangkat Mobile yang Pernah Ada, dan Masih Banyak Lagi

Oleh Gregory Bryant, Senior Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel Corporation

Seiring dengan ulang tahun ke-50 Intel bulan depan, Intel merayakan salah satu teknologi terpenting warisannya: PC. Sejalan dengan proses transisi menuju era data-sentris, PC masih menjadi aspek penting dari bisnis Intel, dan merupakan sebuah area yang masih memiliki begitu banyak peluang.

Hari ini, pada gelaran Computex di Taipei, Intel menyampaikan visi perusahaan mengenai masa depan PC dan memperkenalkan beragam teknologi baru yang akan membantu lebih banyak orang serta ekosistem untuk merealisasikan masa depan. Salah satunya dengan mengubah PC dari sekadar komputer sederhana menjadi platform yang dapat menggerakkan kontribusi terbesar setiap orang.

Fakta menunjukkan, lebih dari 80%1 orang akan memilih menggunakan PC ketika harus menyelesaikan tugas mereka. Namun, di saat bersamaan, fokus mereka sebetulnya juga akan mudah teralihkan. Data menunjukkan rata-rata orang akan teralihkan setiap tiga menit sekali2. Atmosfer di mana, bagaimana, dan mengapa orang bekerja juga berubah. Tidak hanya itu, cara orang terhubung satu sama lain juga telah berubah, dengan teknologi sebagai penggerak utamanya.

Dengan latar belakang tersebut, terlihat sebuah peluang untuk meningkatkan pengalaman penggunaan PC secara lebih mendasar agar PC dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan membantu orang untuk fokus pada hal-hal yang penting bagi mereka: menciptakan dan membangun rasa kebersamaan. Namun, untuk membuat perubahan ini, kita harus melakukan inovasi pada PC di lima sektor utama: kinerja, konektivitas, daya tahan baterai, adaptabilitas, dan kecerdasan.

Kinerja Tertinggi
Komitmen kuat Intel untuk memberikan kinerja terbaik berlanjut saat Intel mengumumkan beberapa produk terbaru ke jajaran perangkat mobile Intel yang menjadi bagian dari keluarga prosesor Intel® Core™ generasi ke-8: Whisky Lake U-series dan Amber Lake Y-series, dengan kinerja hingga dua kali lipat3 dan Wi-Fi gigabit terintegrasi. Lebih dari 140 laptop baru dan 2-in-1 dari OEM diperkirakan akan mulai tersedia pada akhir kuartal ketiga sampai keempat ini. Sementara untuk desktop, pada akhir tahun ini, Intel akan menghadirkan X-series terbaru beserta prosesor Intel® Core™ S-series berikutnya.

Selain kekuatan pemrosesan, Intel juga melihat adanya peluang untuk mempercepat kinerja PC dengan memperkenalkan SSD 905P Intel® Optane™, yang sekarang tersedia dalam form factor M.2. Menawarkan daya tahan yang tinggi4, SSD Intel Optane yang baru dan ramping ini menjadi sebuah media penyimpanan berkinerja tinggi yang memungkinkan prosesor untuk mempercepat waktu menunggu dan memberikan waktu komputasi yang lebih banyak, sehingga pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi yang lebih menyenangkan.

Selain merayakan ulang tahun ke-50 perusahaan, Intel juga merayakan 40 tahun arsitektur Intel x86. Untuk mengapresiasi hal tersebut, Intel memperkenalkan Intel® Core™ i7-8086K generasi ke-8 edisi terbatas, prosesor pertama Intel dengan frekuensi turbo 5,0 GHz. Sejalan dengan pencapaian ini dan untuk merayakannya bersama para penggemar, Intel memberikan 8.086 prosesor Intel Core i7-8086K generasi ke-8. Kunjungi www.intel.com/8086sweepstakes untuk informasi lebih lanjut mengenai negara mana saja yang bisa mendapatkannya dan ketentuannya.

Konektivitas
Pada gelaran Mobile World Congress, Intel berbicara tentang kepemimpinan Intel di industri dan pentingnya koneksi 5G. Sprint* sekarang bergabung dengan Intel sebagai mitra untuk menjual PC 5G berbasis prosesor Intel di toko-toko yang tersebar di seluruh dunia. Acer*, Asus*, Dell*, HP*, Lenovo*, dan Microsoft* juga bekerja sama dengan Intel untuk menghadirkan laptop dan 2-in-1 5G pertama pada 2019.

Sementara Intel membuka jalan untuk koneksi 5G, Intel juga akan meluncurkan 10 PC dengan koneksi 4G dari mitra seperti Acer, Asus, Dell, dan HP – selain 25 mitra lain yang sudah ada di pasar saat ini. PC tersebut tidak hanya ramping dan indah, tetapi juga dikemas dengan kinerja yang memukau.

Daya Tahan Baterai Sepanjang Hari
Tampilan layar merupakan aspek yang menghabiskan sebagian besar kapasitas baterai dalam sebuah perangkat, dan Intel berusaha untuk menghadirkan baterai yang memiliki daya tahan sepanjang hari. Intel bekerja sama untuk membuat teknologi Intel Low Power Display baru, yang digunakan dalam sebuah panel satu watt hasil produksi Sharp* dan Innolux*, sehingga dapat mengurangi konsumsi daya LCD hingga setengahnya. Melalui inovasi berkelanjutan dengan pelaku industri, Intel berharap dapat menghadirkan perangkat yang bisa memutar video empat hingga delapan jam lebih lama – hal ini berarti daya tahan baterai dapat mencapai hingga 28 jam5 di beberapa perangkat.

Adaptabilitas
Orang-orang mencari PC yang sesuai dengan gaya hidup dan lokasi mereka. Karena itu, Intel membuat form factor baru seperti layar ganda, sambil merancang platform untuk skenario penggunaan tertentu. Intel menunjukkan beberapa contohnya di Computex hari ini, termasuk preview Yoga Book* inovatif dengan performa luar biasa yang akan Lenovo hadirkan akhir tahun ini.

Selain itu, Intel juga menampilkan beberapa creator notebook, desktop tower, all-in-one, dan periferal dari Acer, ASUS, Corsair*, Dell, HP, MSI*, dan Twist*. Ini merupakan sebuah kategori yang khusus Intel buat bersama mitra OEM untuk para creator. Creator PC memiliki estetika dan periferal yang berbeda, form factor yang dapat di-upgrade, dan teknologi end-to-end yang dioptimalkan untuk alur kerja para creator, termasuk kinerja prosesor Intel® Core™ i7 dan Intel® Core™ i9, teknologi Thunderbolt™ 3, dan SSD Intel Optane.

Kecerdasan
Kecerdasan akan menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman PC modern. Rencana Intel untuk membawa AI ke PC adalah dengan menyediakan sarana serta sumber daya lainnya kepada para developer, sambil berkolaborasi dengan OEM untuk mengintegrasikan kemampuan AI tersebut ke perangkat baru.

Intel memperkenalkan AI pada PC Developer Program agar dapat menyediakan sarana serta pelatihan bagi para developer – termasuk toolkit OpenVINOTM dan Windows* ML – untuk memaksimalkan kemampuan piranti keras dalam menggunakan inovasi AI mereka.

Selain itu, ASUS bergabung dengan Intel di Computex untuk memperlihatkan konsep PC baru mereka yang disebut dengan Project Precog, sebuah notebook layar ganda konvertibel yang dihadirkan dengan berbagai fitur kecerdasan untuk fungsionalitas dan produktivitas. ASUS juga memperkenalkan ZenBook Pro* baru, yang memungkinkan developer untuk memanfaatkan VPU low-power Intel® Movidius™ dalam menciptakan fitur AI baru, baik untuk aplikasi yang sudah ada maupun yang baru.

Belum pernah ada kesempatan sebesar ini bagi Intel dan ekosistem perusahaan untuk bekerja sama dan menghasilkan lebih banyak perubahan positif kepada dunia – mengubah PC menjadi platform terbaik untuk menggerakkan kontribusi kita.(rls)

News Reporter