. . .

Melalui Musrenbang, Mesuji Membangun Dengan Aspirasi dan Partisipasi Masyarakat

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji Hi.Saply TH., kembali membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. Setelah sebelumnya di Kecamatan Rawa Jitu Utara, kini giliran Kecamatan Panca Jaya. Bertempat di Balai Desa Adi Mulyo, Selasa (12/02).

Saply menjelaskan kegiatan Musrenbang adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan Kabupaten Mesuji untuk tahun anggaran yang akan datang. Agenda ini merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan perencanaan pembangunan di tingkat kecamatan.

“Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Musrenbang pada tingkat desa. Dengan demikian diharapkan pembangunan di Kabupaten Mesuji akan benar-benar bercermin dari partisipasi masyarakat,” jelas Saply saat membuka musrenbang ke dua di Kecamatan Panca jaya (12/02).

Dia juga menambahkan, dalam pelaksanaannya, kegiatan Musrenbang mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008.

“Selain untuk mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan dan menjamin konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” imbuhnya.

Pada tahap periode pembangunan yang kedua ini, dengan ini Pemerintah Kabupaten Mesuji semakin berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan yang berkeadilan hingga ke pelosok desa. Semua usulan kegiatan yang masuk dalam Musrenbang ini akan dibiayai pada APBD Kabupaten Mesuji dengan memperhatikan prioritas pembangunan daerah dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Oleh karena itu saya berharap, kegiatan Musrenbang ini mampu menjadi wadah untuk mengedepankan program antar bidang dan arah kebijakan pemerintah, serta aspirasi dari bawah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan,” harapnya.

Sementara itu menurut Camat Panca Jaya Taufik Widodo dengan Musrenbang yang sudah dillaksanakan dia meminta dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat dan kepala desa juga seluruh yang hadir hendaknya mengikuti dengan sungguh-sungguh dan memahami apa kedepan yang harus menjadi perioritas pembangunan di desanya masing-masing.

”Saya berharap melalui kegiatan Musrenbang ini, mampu menjaring aspirasi masyarakat pada tingkat kecamatan panca jaya. Kemudian dari musrenbang ini, akan menentukan arah kebijakan Pemerintah kedepan yang sesuai dengan pembangunan dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Saply juga membuka Musrenbang hari pertama di Kecamatan Rawajitu Utara. Untuk hari ketiga yakni pada rabu (13/02) besok, pelaksanaan Musrenbang akan dilaksanakan di Kecamatan Mesuji Timur, dilanjutkan pada kamis akan dilaksanakan di Kecamatan Simpang Pematang tempatnya di Balai desa Simpang Mesuji.

Selanjutnya, Musrenbang akan kembali digelar di Kecamatan Way Serdang pada senin (18/02) dan selasa (19/02) di Kecamatan Tanjung Raya, terakhir Musrenbang pada rabu (20/02)/akan dilaksanakan di Kecamatan Mesuji yang akan dilakukan di Balai Desa Sidomulyo.(Nara)

error: Content is protected !!