Mau Lewati Lahan SGC, PLN Harus Siapkan Rp900 Miliar

0
418
views

BANDARLAMPUNG-Permasalahan listrik selama ini mendera Wilayah Lampung mulai memberikan kejelasan. PLN disebutkan harus menyiapkan dana sebesar Rp900 Miliar jika ingin melintasi lahan Sugar Grup Company (SGC) sepanjang 9 kilometer.

Di Kantor Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lampung, Anggota Komisi 6 DPR RI Dwie Aroem HAdiatie mempertanyakan, melihat dari perjanjian serta kesepakatan antara SGC dan PLN ada yang masih menggantung dan perlu penjelasan terkait dari kedua belah pihak.

Aroem melihat, PLN nampaknya menyimpan satu permasalahan penting yang tidak mau diungkapkan didalam rapat ini maupun di pemberitaan akhir-akhir ini.

“Pak Irwan, saya minta tolong kalau bisa dipaparkan sejelas mungkin apa masalah yang sebenarnya dialami PLN saat ini terkait lahan tersebut, apakah biaya?,” cetus Aroem.

General Manager PLN Lampung Irwansyah pun menjelaskan bahwa solusi yang ditawarkan jika ingin melewati jalur lurus tanpa memutar adalah dengan membangun jalur transmisi bawah tanah atau Underground.

Irwan menambahkan, Pembangunan jalur bawah tanah ini sudah sempat dilakukan analisa dan menghitungan terkait biaya yang akan digunakan. Namun, Nilai yang cukup fantastis sebesar Rp900 Miliar harus disiapkan oleh PLN untuk membangun Jaringan Transmisi Listri Bawah Tanah tersebut.

Dilanjutkan Irwan, dengan anggaran sebesar Rp900 miliar tidak akan mungkin bagi PLN untuk memenuhinya karena biaya tersebut cukup besar dan tidak masuk akal hanya untuk membangun jalur bawah tanah sepanjang 9 KM tersebut.

“Kami tidak mungkin mengeluarkan dana sebesar itu, pengeluaran akan membengkak apalagi kondisi keuangan yang terbatas,” kata dia, Jumat (18/3).

Dengan kata lain, Irwan memastikan tidak akan menggunakan jalur bawah tanah, dengan alasan besarnya anggaran yang harus dikeluarkan.(isw)

LEAVE A REPLY