. . .

Masyarakat Mulya Asri Pertanyakan Proses Perekaman E-KTP, Ketua FKPM : Capil Harus Profesional

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Puluhan masyarakat Kelurahan Mulya Asri Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, pertanyakan proses perekaman E-KTP hingga kini belum satupun tercetak.

Hal tersebut setelah dilakukan prekaman oleh Disdukcapil Tubaba pada (12/11/2018) beberapa pekan lalu di Kantor Kelurahan setempat.

Menurut satudiantara warga Mulya Asri Rk5-Rt4 Eyek (39) mengatakan. Beberapa waktu itu sekitar 60 warga sekitar telah melakukan perekaman E-KTP. Namun, hingga saat ini belum satupun E-KTP tersebut yang telah dicetak oleh sinas terkait.

” Ya mas, kami melakukan perkaman nya sejak 12 November lalu, tapi sampai saat ini belum satupun yang telah jadi, sementara KTP tersebut sangat kami butuhkan,” kata Eyek dengan nada kesal, saat menghubungi Translampung.com (Group Infowaw.com) melalui pesan Whatsappnya pada (26/11) pukul 13:20 WIB.

Hal senada juga disesalkan oleh Ketua Forum Komunikasi Pemuda Mandiri (FKPM) Tubaba Agus Tomi, mengatakan. kurang maksimalnya pelayanan dalam pembuatan E-KTP yang dilaksanakan oleh Disdukcapil Tubaba, itu patut di curigai ada unsur pencitraan semata dari perekaman yang merekalakukan dengan cara jemput bola.

” Administrsi kependudukan seperti KK, KTP, dan Akte Kelahiran ini sangat penting dan dibutuhkan warga pada umumnya, apa lagi saat ini kita akan menghadapi pesta demokrasi, yang syarat utamanya warga wajib memiliki E-KTP.” Kata Mantan Ketua Pemuda Pancasila Tubaba Agus Tea, sapaan akrapnya.

Lebih jauh dia ungkapkan, namun kenapa masyarakat sangat sulit untuk memilikinya. Apa lagi di tahun politik, ini sangat penting dalam rangka perbaikan pemilih DPT , sebab masih banyak warga yang punya hak memilih namun belum terdata karna tidak memiliki E-KTP.

” Ya. Didukcapil harus lebih siap dan maksimal lagi dalam hal pelayanan terutama masalah perekaman E-KTP, sebab masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP.” Imbuhnya (Dirman)