Masyarakat Keluhkan Pasokan Blangko KTP-el Masih Kosong

0
754
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Keberadaan pasokan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) yang hingga kini belum tersedia di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung dikeluhkan masyarakat. Pasalnya, pasokan blangko kosong sudah terbilang lama.

Seperti yang diutarakan Dwi (33) warga Jagabaya, Kecamatan Way Halim Bandarlampung mengeluhkan KTP-el miliknya belum juga selesai dicetak hingga saat ini.

“Iya mas, lama banget blangkonya dateng. Padahal sudah berapa bulan. Memang sih, kalau untuk keperluan mendadak bisa dibuatkan surat keterangan dari Disdukcapil. Tapi inikan sifatnya sementara. Dan harus kembali lagi ke Disdukcapil,” keluh dia.

Selain itu, Wahyu warga Kecamatan Bumi Waras juga mengaku kesel dengan kosongnya blangko KTP-el ini. Karena dirinya harus bolak balik ke kantor Pelayanan Satu Atap untuk menanyakan KTP-el miliknya.

Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung Zainuddin mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk pencetakan KTP-el ini. Pasalnya, pasokan blangko masih menunggu kiriman dari Depdagri.

“Kita belum tahu kapan blangko ini masuk, kalau kabar dari pusat sih bulan Maret ini, tapi kita nggak tau juga kapan, bisa awal, bisa pertengahan, bisa juga akhir bulan Maret ini dikirim dari pusatnya,” jelas Zainudin, Selasa (28/2).

Kendati demikian, dia mengaku terus melayani keperluan masyarakat. “Kalau ada warga yang buru-buru, bisa kita buatkan surat keterangan, yang fungsinya sebagai penggati KTP-el dan hanya berlaku selama 6 bulan,” kata dia.

Yang jelas, imbuh Zainudin, pihaknya saat ini hanya bisa menunggu kiriman blangka dari pusat. Tapi, selain dari blangko KTP-el, semuanya bisa dilayani di Disdukcapil, seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan lainnya. “Kalau pelayanan yang lain tetap berjalan, cuma pencetakan KTP-el saja yang terhenti karena blangko kosong,” tutur dia.(jef)