. . .

Masjid Al Ikhtiyar Ditarget Rampung Akhir 2019

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Semangat membara dituangkan masyarakat Iringmulyo, Metro Timur saat membangun Mushala Al Ikhtiyar menjadi bangunan Masjid Al Ikhtiyar. Mushala yang berada di Jalan Ki Hajar Dewantara, Iringmulyo, Metro Timur itu selalu ramai untuk beribadah bagi umat muslim.

Mushala yang dekat dengan kawasan pendidikan itu, sebelumnya hanya mampu memuat jamaah sekitar 50 orang, nantinya mushala itu ditarget memuat jamaah hingga 200 orang, setelah dirubah menjadi masjid.

Tak hanya masyarakat sekitar yang memanfaatkan mushala itu sebagai tempat ibadah setiap harinya, banyak pelajar, guru, hingga praktisi pendidikan lainnya beribadah di Mushala Al Ikhtiyar.

Pembangunan Masjid Al Ikhtiyar sudah dilakukan sejak awal tahun 2018. Hal tersebut yang dikemukakan oleh Basuki selaku warga Metro Timur. “Target digunakan untuk beribadah akhir 2019. Insallah bisa digunakan untuk jamaah Shalat Jumat juga,” kata Basuki selaku warga Metro Timur, yang juga merupakan Ketua Komisi 1 DPRD, Kota Metro, Rabu (1/7/2018).

Sebelumnya luas lahan bangunan masjid adalah kurang lebih 15×15 meter, saat ini menjadi kurang lebih 25X26 meter setelah ada warga yang menhibahkan tanahnya. “Alhamdullilah ada masyarakat yang menghibahkan tanahnya sehingga bisa dijadikan masjid. Kisaran ukuran hibahnya 15 X15 meter sebelumnya hanya 10 X 11 jadi bertambah,” kata Basuki.

Menurut Basuki, tak hanya pemanfaatan untuk ibadah, untuk kegiatan masyarakat masjid itu dipergunakan. “Nanti ke depan juga masjid itu juga untuk difungsikan untuk fasilitas olahraga. Bisa pimpong di situ, bisa bulutangkis di situ, jadi hidup suasananya, dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tandasnya.

Ali salah satu mahasiswa IAIN Metro mengatakan, sangat mendukung pemugaran mushala tersebut. Menurutnya, daya tampung masjid di kawasan pendidikan saat ini kurang banyak.

“Saya sangat mendukung, karena kalau sholat jumat semua masjid penuh, apalagi jalan Ki Hajar Dewantara dilalui banyak pelajar,” tandasnya. (suf)