Masjid Agung jadi Pusat Perpustakaan di Lamsel

0
480
views
KALIANDA – Bupati Lampung Selatan H. Zainudin Hasan menetapkan lantai bawah Masjid Agung Kubah Intan, Kalianda menjadi pusat perpustakaan diKabupaten Lampung Selatan. Hal itu diungkap Zainudin Hasan, saat meyampaikan sambutan sekaligus meresmikan pembukaan safari gerakan nasional gemar membaca di Provinsi Lampung dan kabupaten/kota tahun 2016 oleh Perpustaan Nasional RI, yang berlangsung di Aula Rajabasa perkantoran Pemkab Lampung Selatan, Rabu (20/4).
Menurut dia, dengan gemar membaca akan berdampak suatu kebaikan pada diri sesorang. Terutama dalam segi ilmu pengetahuan. “Dengan gemar membaca kita akan banyak tahu, bisa merubah pola hidup. Kemudian, apa yang didapat setelah membaca dapat dipraktekan secara langsung,” ujar dia.
Ditambahkan dia, dengan menempatkan perpustakaan yang berlokasi diruang bawah masjid Agung Kalianda tersebut, diharapankan suasana masjid akan lebih hidup.Tidak hanya itu saja, untuk kedepan perpustaakan secara bertahap juga dibangun mulai dari Kecamatan hingga kedesa-desa. “Sebagai tahap awal, Insya’ Allah untuk 20 atau 40 unit komputer akan kita siapkan, kemudian disediakan akses internet (Wi-Fi siap 24 jam).Ini dilakukan agar suasana dan minat baca bagi masyarakat dapat nyaman serta meramaikan masjid agung tersebut,” ujar dia.
Sementara itu, Pustakawan Tingkat Utama dari Perpustakaan Nasional RI T. Syamsul Bahri menjelaskan, dari data BPS pusat Indonesia berada pada urutan 148 dari 187 negara dalam gemar membaca. Jauh dari negara Asean lainnya, seperti Negara Singapura diperingkat 9 dalam gemar membaca.
“Tentunya, hal ini menunjukan, Indonesia harus terus mendorong rasa gemar membaca dengan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Serta kita jadikan, perpustakaan sahabat,” ujarnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, penduduk berumur 10 tahun dari total jumlah penduduk Indonesia, lebih hobi menonton televisi (Tv). Sedangkan, penduduk berumur 17 tahun, tidak gemar membaca.
“Untuk itu, lembaga pendidikan baik formal maupun non formal lebih intens memanfaatkan perpustakaan agar minat masyarakat untuk gemar membaca dapat lebih meningkat dengan mengemas berbagai terobosan dan ide-ide yang kreatif,” kata dia,
Dirinya berharap, perpustakaan di Indonesia khususnya di Lamsel dapat berkembang. Jadikan, perpustakaan sebagai sumber ilmu untuk meningkatkan SDM bagi masyarakat secara umum.”Dengan rajin membaca kita dapat menjadi cerdas, kreatif, inovasi, serta unggulan,” pungkasnya. (Jhn)

LEAVE A REPLY