Manfaatkan DD Untuk Infrastruktur

0
138
views
GOTONGROYONG: Warga Pekon Tri tunggal mulyo, Kecamatan adiluwih bersama-sama membangun infrastruktur dengan memanfaatkan DD.

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU- Dana desa merupakan salah satu sumber pendapatan Desa yang harus dicantumkan dalam dokumen anggaran pendapatan dan belanja Desa (APBDes).

Setiap tahunnya desa mendapat kucuran dana yang desebut Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat yang penyalurannya dari pemerintah Kabupaten/kota, Dana desa yang dikucurkan pemerintah bermanfaat untuk membangun desa yang tertinggal.

Seperti salah satu Pekon/desa yang ada di Kabupaten Pringsewu, Pekon Tri tunggal mulyo, Kecamatan adiluwih manfaatkan kucuran DD dari pemerintah dengan membangun insfratuktur.

Pekon tritunggal mulya memanfaatkan dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat dimana penyalurannya melalui pemerintah kabupaten setempat ditahun 2017.

Dikatakan oleh Ismadi selaku kepala pekon kepada awak media diruang kerjanya, selasa (11/7), dana desa yang didapat khususnya dipekon tri tunggal mulyo ini kami manfaatkan sebaik mungkin dan saya sangat merasa dibantu karena pembangunan didesa bisa dikerjakan oleh masyarakat setempat dengan adanya DD”paparnya”.

DD yang didapat dipekon tri tunggal mulyo ini sebagian kita manfaatkan untuk meningkatkan insfratuktur sperti diantaranya desa membangun Drainase dua titik sepanjang 1000Meter, Onderlah 1 titik sepanjang 1095Meter, dan Talud sepanjang 96Meter, bangunan tersebut adalah hasil dari musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembang Desa) aperatur pemerintah desa bersama warga setempat, dimana bangunan tersebut memang kebutuhan dari tempat masing masing warga tinggal.

“Saya selaku kepala pekon yang dipercaya oleh masyarakat saya sangat berharap bangunan yang dikerjakan oleh masyarakat setempat bisa bermanfaat sehingga masyarakat bisa menikmati hasil yang mereka kerjakan,”pungkasnya.

DD merupakan pendapatan utama desa DD dapat digunakan untuk membiayai program dan kegiatan prioritas yang telah disepakati dan ditetapkan didalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (Musrembang Desa) tentang rencana kerja pemerintahb desa (RKP Desa) setiap tahunnya. Karena DD (Wen/r5)