Malam Tahun Baru 2018, Flyover MBK Diresmikan

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Perubahan target penyelesaian proyek flyover (jalan layang) ruas Teuku Umar-ZA Pagaralam, depan Mal Boemi Kedaton (MBK) kembali di lontarkan Wali Kota Bandarlampung Herman HN.

Kali ini, target peresmian yang kemungkinan mundur, kembali sesuai jadwal awal pada 31 Desember.

Hal ini diungkapkan wali kota saat meninjau pembangunan flyover MBK, setelah sebelumnya meninjau flyover Kemiling dan flyover di Jalan Pramuka.

“Peresmian positif 31 Desember,” tegas Herman HN.

Namun, peresmian tersebut untuk flyover MBK saja, karena sudah masuk pengecoran lantai. Sementara dua flyover lainnya yang dikerjakan dalam waktu yang hampir bersamaan, belum bisa rampung akhir tahun ini.

Sementara, Pelaksana Lapangan PT Dewanto Cipta Karya, Sutarno, menyebutkan, progress penyelesaian flyover kini masuk hingga 85 persen.

“Kita sudah mulai pengecoran. Jadi tanggal 16 terakhir pengecoran dan pengaspalan tanggal 28 Desember,” jelasnya.

Meskipun pemasangan glider lantai flyover sempat molor dari jadwal, sebelumnya dijadwalkan selesai akhir November, namun baru selesai pada awal Desember, menurut Sutarno karena ada percepatan target.

“Kurang lebih satu minggu lebih cepat dari jadwal. Jadi maju semua, memang ada penambahan pekerja juga, dari 85 orang jadi lebih dari 100 orang,” ungkap Sutarno.

Sedangkan untuk pengecoran, dia mengaku meningkatkan mutu kualitas beton lantai. Bila mutu beton lantai glider di angka K250, maka untuk lantai K350.

Hasilnya, kualitas beton lebih kuat dan lebih kokoh dengan waktu yang lebih singkat.

Setiap beton yang digunakan, menurut Sutarno, menggunakan mutu yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, dari tanggal akhir pengecoran hingga ke penggunaan dipastikan usia beton sudah mencapai hari ke 21. Artinya sudah cukup matang.

“Insya Allah aman, tahun baru bisa dibuka, bahkan motor sudah bisa lewat sekitar tanggal 20 Desember,” jelas dia.

Sementara desain flyover MBK nantinya bakalan lebih modern. Wali Kota Bandarlampung Herman HN menjanjikan akan melibatkan seniman lokal untuk menghias bagian bawah flyover, dengan lukisan-lukisan khas Lampung. (jef/rus)

News Reporter