Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Mahasiswa Rancang Sistem Monitoring Asap Rokok Via Smartphone -
Mahasiswa Rancang Sistem Monitoring Asap Rokok Via Smartphone

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Tingkatkan Gerakan Disiplin Kampus (GDK) di Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Warid Hasbiyantoro berinisiatif merancang sistem monitoring asap rokok menggunakan smartphone. Penelitian ini dilakukan Warid sebagai tugas Skripsinya di jurusan Sistem Komputer Darmajaya. Ia mengatakan, alat rancangannya ini menggunakan sensor MQ-135 sebagai pendeteksi asap rokok.

Diungkapnya, dalam peraturan GDK, pelanggaran terhadap larangan merokok dalam ruangan tertentu dapat dikenakan denda. Dimana denda tersebut nantinya akan dipergunakan untuk menambah fasilitas kebersihan.

“Alat ini diletakkan di beberapa ruangan yang dilarang untuk merokok. Ketika ada asap rokok yang terdektifi sensor, sistem akan otomatis mengirimkan informasi tersebut dalam aplikasi yang diinstal smartphone milik tim monitoring GDK. Sehingga ketika terjadi pelanggaran dapat segera diambil tindakkan,” ujarnya.

Pria kelahiran 7 Juni 1994 melanjutkan, alat tersebut mengirimkan informasi lokasi (gedung) dan data tentang ada atau tidak adanya asap rokok melalaui smartphone menggunakan sinyal wireless fidelity (wifi) dengan jarak jangkauan maksimal 25 meter.

“Mudah-mudahan sistem ini bermanfaat untuk meminimalisir pelanggaran Gerakan Disiplin Kampus. Salah satunya larangan merokok di gedung tertentu sehingga dengan adanya alat ini diharapkan dapat meningkat kesadaran kedisiplinan mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, dosen pembimbingnya, Nurfiana mengapresiasi ide kreatif para mahasiswa dalam menghasilkan penelitian. Diungkapnya, alat tersebut juga masih dapat dikembangkan lagi dengan mengganti jaringan yang digunakan dari wifi menjadi internet sehingga jarak jangkauan sistem lebih luas.

“Alat monitoring asap rokok via smartphone buatan mahasiswa Darmajaya ini juga bisa diterapkan untuk instansi pemerintahan, maupun swasta untuk kedisplinan pegawai atau karyawan. Untuk itu, Darmajaya membuka ruang bagi pihak pemerintah maupun swasta yang ingin mengembangkan dan menerapkan hasil penelitian mahasiswa,” terangnya.

Menurutnya, melalui penelitian mahasiswa bisa menunjukkan pemahamannya terhadap ilmu yang diperoleh dari perkuliahan. Mahasiswa juga bisa mengaplikasikan ilmunya untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.(*)

News Reporter