Mahasiswa Membina Desa, Latih IT dan Kewirausahaan

0
454
views

TRANSLAMPUNG.COM, Bandarlampung-Tingkatkan kemampuan masyarakat desa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya bersama perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa (Hima) membina Desa Budi Lestari, Tanjung Bintang.

Kegiatan bina desa tersebut merupakan bagian dari Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Menengah (LKMM-TM) yang diikuti 62 mahasiswa Darmajaya pada 7-9 Februari 2017.

Presiden BEM Darmajaya, Rahmad Prambudi mengatakan, kegiatan bina desa tersebut akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan. Tujuannya meningkatkan pengetahuan teknologi informasi (IT), kemampuan mengoperasikan komputer bagi aparatur dan masyarakat desa untuk lebih produktif dan mewujudkan desa yang mandiri.

Lanjutnya, bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, pelatihan komputer bagi siswa SD dan SMP, pelatihan komputer dan website desa bagi perangkat desa, dan pelatihan kewirausahaan bagi ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Pada LKMM-TM, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan manajemen organisasi dari dewan alumni BEM, serta kegiatan gotong royong membersihkan desa bersama masyarakat.

“Kami berharap bina desa ini dapat meningkatkan kepedulian dan jiwa sosial dikalangan mahasiswa, serta bermanfaat mewujudkan desa berbasis IT dan mandiri,” ujarnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Pengembangan Sumber Daya Muprihan Thaib mengapresiasi keaktifan mahasiswa untuk bersumbangsih membangun masyarakat desa.

Menurutnya, melalui organisasi mahasiswa tidak hanya bisa menyalurkan minat bakat, belajar berorganisasi, tetapi juga bisa meraih berprestasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa Darmajaya ditengah masyarakat desa binaan bisa meningkatkan kemampuan menggunakan komputer bagi perangkat desa, dan memotivasi masyarakat untuk berwirausaha dengan pemanfaatan teknologi informasi,” harapnya.(*)