. . .

Mahasiswa KKN 2019 Kelompok V Universitas Sabuarai Membantu Pengajuan Bantuan Bagi Wirausaha Pemula di Kabupaten Pringsewu

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Universitas Saburai 2019 yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Pekon Wates Selatan kabupaten pringsewu yang tergabung dalam kelompok V mempunyai program kerja yaitu membantu pengajuan bantuan bagi wira usaha pemula dan Pembentukan Koprasi Simpan Pinjam,Jumat (14/03).

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan Yuli Purwanti, S.H.,M.H saat di wawancarai mengatakan, program kerja ini merupakan program unggulan Kelompok V yang disusun berdasarkan Lokakarya desa pada tanggal 10 Febuari 2019 yang lalu.

“Pembentukan Koprasi simpan pinjam ini terlihami dari usaha simpan pinjam yang dilakukan oleh kelompok Dasa Wisma Pekon Wates Selatan yang telah berjalan sangat lama sejak tahun 1982, melihat kondisi ini ada baiknya juka usaha simpam pinjam ini dijadikan koprasi berbadan hukum,”ujarnya

Pada saat bersamaan Yuli Purwanti juga menjelaskan bahwa Pengajuan Bantuan Bagi Wira Usaha Pemula atas diskusi dan anjuran dari Kepala Dinas Koprasi Dan UKM Kabupaten Pringsewu.

Senada dengan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pringsewu Bapak Drs.Maskur.M.M yang mengatakan, menyambut baik keinginan dari mahasiswa KKN Universitas Saburai untuk membantu membentuk Koprasi berbadan hukum bagi usaha simpan pinjam Dasa Wisma Pekon Wates Selatan kabupaten pringsewu.

“Sekaligus mengajurkan kepada kepala Dinas Koperindag meminta kelompok V KKN Saburai untuk di bantu dalam pengajuan bantuan bagi wirausaha pemula ,”Harafnya.

Gayung bersambut oleh kepala dinas keperindag pringsewu drs.Masykur.M.M mengatakan akan merealisasikan program kerja ini.

“Dalam hal ini saya telah memberikan arahan lansung kepada warga pekon Wates Selatan sekaligus melalui Kabid Koprasi memberikan penyuluhan mengenai pembentukan koprasi,”tuturnya

Wakil Ketua Kelompok V KKN 2019 Hartomi (Fakultas Teknik) memaparkan, bahwa sejauh ini peruses penyelesaian program Kerja untuk pengajuan bantuan hibah selah sampai pada penyelesaian Proposal pengajuan.

“dimana sebelumnya telah dilakukan pendataan kepada setiap pelaku usaha di Pekon Wates Selatan, Sedangkan untuk proses pembentukan Koprasi berbadan hukum telah sampai pada tahap pengajuan ke Notaris,”Jelasnya.

Kepala Pekon Wates Selatan Bapak Irhamzah, S.S mengatakan menyambut gembira program kerja KKN Kelompok V ini.

“Mayoritas warga Pekon Wates Selatan kabupaten pringsewu bermata pencarian sebagai pembuat batu bata, pengerajin sapu ijuk , pembuat gula aren dll. Sehingga memang perlu sekali diajukan untuk mendapatkan bantuan modal agar dapat memajukan usahanya,”Jelasnya. (rez)

error: Content is protected !!