. . .

Lima Eselon II Tanggamus Bergeser, Plt. Sekretaris DPRD Belum Diketahui

image_print
LANTIK LIMA ESELON II: Bupati Tanggamus Dewi Handajani melantik dan mengambil sumpah lima ASN JPTP Eselon II, Jumat (6/9).

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M. menerbitkan keputusan bernomor: 821.2/854/37/2019. Kemudian berdasarkan Surat Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-2902/KASN/8/2019 tanggal 30 Agustus 2019, untuk merombak posisi lima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) atau setara Eselon II pada lingkup pemkab setempat. Posisi tersebut meliputi Asisten Bidang Administrasi, Staf Ahli, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Sekretaris DPRD, dan Kepala Dinas Sosial.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap para pejabat yang mengalami rolling, dipimpin Bupati Tanggamus Dewi Handajani, berlangsung di ruang rapat utama, Jumat (6/9). Bupati menegaskan, pergeseran “gerbong” JPTP itu sesuai dengan Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: 821.2/854/37/2019, tentang Pemberhentian, Pemindahan, dan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam dan dari Jabatan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Tanggamus.

“Lalu Surat Rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Nomor: B-2902/KASN/8/2019 tanggal 30 Agustus 2019, perihal Rekomendasi Pelantikan PPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanggamus,” jelas bupati.

Adapun pejabat yang posisinya bergeser, yakni Firman Ranie dari Asisten Bidang Administrasi, kini menempati jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. Jabatan yang ditinggalkan Firman tersebut, kini ditempati oleh Jonsen Vanisa. Sebelumnya dia menjabat sebagai Plt. Asisten Bidang Pemerintahan.

Kemudian Faturahman diberikan kepercayaan menjadi Asisten Bidang Pemerintahan. Sebelumnya ia menjabat sebagai Inspektur Daerah Tanggamus. Meski sudah diberi mandat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan, Faturahman juga masih diberi tugas sebagai Plt. Inspektur Daerah, sampai ditentukan Inspektur definitif.

Kemudian Suratman yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD, kini berpindah sebagai Kasat Pol PP. Dia menggantikan Yumin BA. Sebab Yumin kini bergeser menjadi Analis Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanggamus. Khusus untuk posisi Sekretaris DPRD sepeninggal Suratman, sementara akan dijabat oleh Pelaksana Tugas. Namun belum ditentukan siapa Plt-nya.

Terakhir, posisi Kepala Dinas Sosial Tanggamus kini diisi Zulfadli, yang sebelumnya kepala Diskoperindag. Posisi yang ditinggalkan Zulfadli masih lowong dan akan diisi seorang Pelaksana Tugas.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam arahannya mengatakan, bahwa pergantian pejabat di lingkungan Pemkab Tanggamus adalah suatu hal yang biasa. Sebab tujuannya untuk menyesuaikan keperluan organisasi dan penyegaran.

“Pelantikan adalah suatu hal yang biasa terjadi di instansi pemerintah daerah. Tak lain ini untuk kepentingan organisasi bukan kepentingan pribadi ataupun tertentu. Mari kita sama-sama menyikapi (rolling) ini dengan positif,” ujar Bunda Dewi — sapaan akrabnya.

Bupati menambahkan, apapun jabatannya, merupakan amanah dari Tuhan. Dalam prosesnya, bupati hanyalah sebagai penunjang sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

“Yang paling penting, jalankan tugas pokok fungsi dengan baik sesuai dengan bidangnya masing-masing. Berikan pelayanan prima dan RATU kepada masyarakat. Pelantikan ini bukan yang terakhir, kami tetap melakukan evaluasi, termasuk juga loyalitas dan integritas,” tandas Dewi Handajani. (ayp)

error: Content is protected !!