. . .

Ledakan Besar, Apartemen Empat Lantai Kolaps

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, POZNAN – Gedung apartemen empat lantai di Kota Poznan, Polandia, porak-poranda. Bukan bencana alam yang menjadi penyebabnya. Melainkan sebuah ledakan besar pada Minggu pagi (4/3). Akibatnya, empat orang tewas dan 24 lainnya mengalami luka-luka.

Meski begitu, sampai kemarin, Senin (5/3), tim penyelamat, pemadam kebakaran, dan anjing pelacak masih terus mencari adanya kemungkinan korban lain.

”Melihat kerusakan yang terjadi pada gedung ini, bisa diasumsikan bahwa ini terjadi karena ledakan gas,” terang Juru Bicara Tim Pemadam Kebakaran Slawomir Brandt pada TVN 24.

Mayoritas keluarga di Polandia memang menggunakan gas untuk memasak dan memanaskan air. Brandt menambahkan, masih perlu dilakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya.

Hotel di dekat lokasi kejadian langsung menawarkan tempat tinggal bagi empat keluarga yang terdampak ledakan. Krzysztof Sledz, salah seorang saksi, menceritakan bahwa hari masih pagi ketika mereka mendengar suara ledakan yang begitu keras.

Beberapa saat kemudian, pria yang tinggal di lantai dasar itu mendengar suara orang minta tolong. Dia dan istrinya pun segera keluar dan mencari sumber suara-suara tersebut.

Mereka menyelamatkan beberapa tetangga yang tertimbun reruntuhan. Termasuk seorang bocah perempuan yang masih berusia dua tahun.

”Saya pikir dia telah mati, tubuhnya sudah biru. Tapi, mereka berkata gadis itu selamat dan dibawa ke rumah sakit,” terang Sledz. Kini bocah cilik tersebut dalam kondisi stabil.

Kantor berita AP mengungkapkan, apartemen itu terdiri atas 18 unit rumah dan dihuni 40 orang. Ada empat unit yang hancur total. Setelah kejadian, gedung dinyatakan tidak aman dan seluruh penghuni diminta pindah.

Gedung tersebut akan dihancurkan. Pemerintah menjanjikan penampungan dan bantuan finansial untuk penduduk yang tinggal di sana. (sha/c25/pri/jpg)