Lebaran, Pemkab Siapkan Posko Kesehatan di 5 Lokasi

0
78
views

 

TRANSLAMPUNG.COM, WAY KANAN- Guna membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 1438 H 2017, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, telah menyiagakan tim kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan geratis bagi para pemudik yang melintasi jalur lintas sumatera (Jalinsum) Kabupaten Way Kanan selama 24 jam. Bahkan, Bupati juga menegaskan jika pelayanan puskesmas yang berada di Jalinsum Way Kanan dan Rumah Sakit Umum Daerah Way Kanan juga standbay 24 jam.

Mengenai Pelayanan Kesehatan di Jalinsum, Bupati telah menyiapkan 5 lokasi posko kesehatan operasi Ramadniya Lebaran 2017 di sejumlah titik yakni, Posyan Rest Area Gunung Labuhan, Pospam Simpang Neki, Pospam Simpang Way Tuba, Pospam Gunung Katun dan Pospam Simpang Empat.

Hal itu yang dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Way Kanan Farida Aryani, melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Andi Oktaviandi, bahwa Bupati Adipati menegaskan untuk jajaran Dinas Kesehatan Pemkab Way Kanan mulai 19 Juni hingga 6 Juli mendatang,  telah siap membantu kelancaran arus mudik dan balik lebaran bagi para pengendara yang melintasi Jalinsum Way Kanan tahun ini.

Dimana, menurut Andi, setiap posko yang didirikan itu akan dilengkapi ambulance yang selalu siap siaga dan peralatan medis serta tim kesehatan untuk menjaga kondisi stamina dan kesehatan serta pengobatan para pemudik yang melintasi Jalinsum daerah setempat,”ujar Andi, Rabu (14/6)

Lebih jauh Andi memaparkan, pelayanan dalam Posko Kesehatan itu nanti melibatkan 3 orang terdiri dari seorang Driver dan dua orang tenaga kesehatan yang diambil dari setiap puskesmas yang ada di Way Kanan.

“Tenaga medis itu akan disiagakan dari seluruh Puskesmas di 14 Kecamatan Way Kanan. Dimana tenga puskesmas itu telah diatur dalam jadwal yang sudah dibentuk,”terang Ketua KNPI Way Kanan ini, seraya mengungkapkan obat-obatan yang disediakan seperti obat P3K dan obat gawat darurat.

“Driver ini akan selalu siap siga menjemput pemudik jika terkendala atau terjadi kecelakaan lalulintas untuk memberikan pelayanan kesehatan menuju puskesmas atau rawat inap dan RSUD setempat,” imbuhnya. (yhs)