Lanal Lampung Sosialisasikan Keselamatan Berlayar Kepada Nelayan dan Pengguna Transportasi Laut

0
3768
views
Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si. memberikan bantuan pelampung keselamatan.

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN- Sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat nelayan dan penggiat transportasi laut, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung menggelar sosialisasi tentang keselamatan berlayar kepada nelayan dan masyarakat pengguna transportasi laut wilayah pelabuhan Ketapang, Teluk Pandan, Pesawaran, Senin (6/11).

Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si. di hadapan para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut, khususnya penyeberangan dari pelabuhan Ketapang ke pulau Pahawang dan pulau-pulau sekitar Teluk Ratai, menyampaikan perlunya kegiatan sosialisasi keselamatan dalam berlayar.

“Sosialisasi ini bagian dari program kerja Lanal Lampung dalam bidang Pembinaan Potensi Maritim dan Pencanangan program peduli keselamatan pelayaran yang dilaksanakan serentak di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat, ini juga sebagai  bentuk kepedulian TNI AL kepada masyarakat, khususnya penggiat kemaritiman” ujar Komandan.

Dijelaskan bahwa, perlunya wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya tindakan preventif maupun emergency yang dilakukan dalam pelayaran guna menjaga keselamatan awak kapal dan penumpang serta pengguna jasa.

“Saya percaya semua awak kapal atau nelayan disini bisa berenang semua, tetapi apakah para penumpangnya juga bisa berenang, atau mampu menyelamatkan diri, apalagi bila dihadapkan dalam cuaca buruk,” jelasnya.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut, Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Lampung, Mayor Laut (KH) David Darius R, S.Pt yang menyampaikan beberapa materi berkaitan dengan keselamatan pelayaran antara lain, kelaikan dan kelengkapan dokumen kapal, kesiagaan keselamatan navigasi dan komunikasi, memperhatikan keadaan cuaca sebelum pelayaran, ketersediaan peralatan keselamatan diri di kapal, serta penyimpanan nomor darurat atau nomer Pos TNI AL terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.

“Seorang Nakhoda berperan sangat penting dalam menjalankan tugasnya, dia bertanggung jawab atas keselamatan para penumpang maupun awak kapalnya selama melakukan pelayaran,” terang Paspotmar

Dalam kesempatan tersebut diberikan secara simbolis berupa buku “Berlayar Dengan Aman di Perairan Lampung” produk Lanal Lampung dan baju pelampung kepada perwakilan peserta yang diserahkan langsung oleh Komandan Lanal Lampung.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Palaksa beserta Perwira Staf dan perwakilan anggota Lanal, para nelayan, pemilik dan pengelola transportasi penyeberangan antar pulau di sekitar pelabuhan Ketapang, Pesawaran. (*)