Lanal Lampung Laksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke – 89 Tahun 2017

0
1018
views

TRANSLAMPUNG.COM, LAMPUNG– Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si menjadi irup dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di lapangan Mako Satma Lanal di Lampung, Sabtu (28/10).

Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi yang dibacakan Danlanal pada peringatan hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 bahwa dalam sebuah kesempatan Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan “Jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir, pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia”.

“Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan, kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan,” kata Danlanal.

“Mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada bung karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuhnya.

 

Dibawah komando Mayor Laut (S) Abu Ali, Pasproga Lanal Lampung sebagai Komandan Upacara, dalam peringatan tersebut upacara diikuti oleh segenap anggota militer, dari Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lanal, turut pula menjadi pasukan upacara para Pemuda Pemudi dari Garda Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung, SMKN 6 Bandar Lampung, Pramuka Saka Bahari dan Anggota Taekwondo ATIA serta Hapkido Lanal Lampung. (*)