Lampung Timur Penyumbang Padi Terbesar Kedua

TRANSLAMPUNG.COM- Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo bersama Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur melaksanakan Panen Raya di Lapangan Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, Kamis (2/3). Acara tersebut juga turut dihadiri Anggota Fokorpimda dan jajaran tokoh masyarakat serta ribuan masyarakat di Lampung Timur.

Gubernur mengungkapkan pembangunan pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Hal ini terbukti saat ini Pemprov Lampung sedang membangun Waduk di Jabung dan Marga Tiga dalam upaya membantu petani mengatasi kesulitan air mengaliri lahan pertaniannya. Tidak hanya itu, bahkan Pemprov juga terus memberikan bantuan sumur bor, membangun jaringan irigasi dan menyiapkan mesin penyedot air serta bibit-bibit unggul sebagai upaya membantu para petani di Provinsi Lampung.

“Saat ini Provinsi Lampung mendapat peringkat 4 surplus tingkat nasional terhadap produksi padi dan Lampung Timur adalah penyumbang terbesar kedua di Provinsi Lampung. Untuk itu kami bersama jajaran Pemerintah Kabupaten/Kota terus mengupayakan berbagai macam program pertanian guna membantu dan meningkatkan hasil pertanian di Provinsi Lampung,” ujar Gubernur dalam sambutannya di hadapan seluruh masyarakat Lampung Timur.

Lebih lanjut Gubernur menambahkan bahwa pihaknya sangat menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan Festival Panen Padi merupakan media promosi yang menampilkan berbagai event yang menarik, unik, bernilai jual khas Kabupaten Lampung Timur.

Selain itu juga Festival ini menjadi wisata alternatif Kabupaten Lampung Timur, sehingga turis-turis baik Nusantara maupun mancanegara yang menyaksikan, akan tertarik untuk berkunjung, sekaligus membangun citra positif tentang kondisi Kabupaten Lampung Timur yang aman dan kondusif.

“Melalui Festival Panen Padi juga dapat memperkenalkan kepada masyarakat Iuas mengenai berbagai agenda pariwisata Lampung yang diharapkan dapat memacu produktifltas dan kreativitas masyarakat di Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Dimana Provinsi Lampung kaya akan keberagaman destinasi wisata, baik wisata laut, pantai, hutan sampai wisata kuliner. Bahkan Taman Nasional Way Kambas ditetapkan sebagai kawasan ASEAN Heritage Park yang ke-36 atau yang ke-4 di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim mengatakan Festival Panen Padi ini merupakan festival panen padi pertama kalinya pada tahun 2017. Sehingga diharapkan dapat menjadi bentuk promosi wisata sekaligus motivasi terhadap para petani di Lampung Timur.

“Lampung Timur adalah penghasil padi nomor dua terbesar di Lampung, Lampung Timur di tahun 2016 produksi padi meningkat 10 persen berkat dukungan pemerintah dan petani yang luar biasa sehingga ke depan akan terus kita tingkatkan,” jelasnya.

Chusnunia juga mengungkapkan apresiasinya kepada jajaran Pemprov Lampung atas suport berupa pembangunan infrastruktur jalan dan alat-alat pertanian yang turut berperan serta dalam meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Lampung Timur.

“Kedepan kami mohon dukungan Gubernur agar gagasan pariwisata di Lampung Timur sebagai penggerak utama bagi peningkatan perekonomian dapat terwujud,” ujarnya.

Sementara Karo Humas dan Protokol Bayana dengan didampingi oleh Kabag Humas dan Komunikasi Publik Heriyansyah menambahkan bahwa dalam acara Panen Raya tersebut juga turut digelar Pagelaran Seni Budaya, Lomba Memukul Lesung/ Alat Tumbuk Padi Tradisional, Pawai Kendaraan Pertanian, serta pameran produk pertanian. Bahkan acara tersebut turut dimeriahkan dengan pecinta Motor Cross dan ribuan masyarakat Lampung Timur. (*/r7)

Caption:

FESTIVAL: Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo rayakan festival panen padi bersama Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, Kamis (2/3).

News Reporter