Lagi, Heri Agus Setiawan “Nahkodai” DPRD Tanggamus

Ketua DPRD Tanggamus Definitif 2019-2024, Heri Agus Setiawan, S.Sos.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Heri Agus Setiawan, S.Sos., kembali menjabat Ketua Definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tanggamus periode 2019-2024. Itu menyusul fit and proper test yang telah dilakoni Heri di markas Dewan Pimpinan Pusat PDIP Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat dimintai tanggapan oleh translampung.com terkait penunjukkan dirinya sebagai Ketua DPRD Tanggamus periode 2019-2024, Heri Agus Setiawan mengatakan, hal itu merupakan tugas dan amanat dari partai yang harus ia laksanakan dengan baik.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh simpatisan, anggota dan jajaran pengurus PDIP, mulai dari tingkatan anak ranting, ranting, PAC, DPC, DPD, DPP, juga badan dan sayap partai yang telah berjuang bagi kemenangan partai dan telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk mengemban tugas sebagai Ketua DPRD Tanggamus.

“Saya juga mohon doa restu serta dukungan dari seluruh komponen dan masyarakat Kabupaten Tanggamus, semoga saya dapat mengemban amanah ini dengan baik dan dapat membawa manfaat bagi kemajuan Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini,” ketik Heri Agus Setiawan melalui WhatsApp, Rabu (11/9) siang.

Ditanya soal agenda kerja dalam waktu terdekat yang akan dilaksanakan, Heri menyebutkan, agenda pertama setelah pelantikan Pimpinan Definitif adalah pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD). Yaitu Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Banleg), Badan Kehormatan (BK), dan Komisi-Komisi.

“Setelah terbentuk AKD, maka DPRD akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan agenda kerja yang diputuskan oleh Badan Musyawarah,” kata Heri.

Bersaing dengan Buyung Zainuddin dan Amrusi Sanusi, DPP PDIP Pilih Heri dengan Terbitkan Surat No: 445/IN/DPP/IX/2019

Pada bagian lain, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Tanggamus, Burhanuddin Noer menjelaskan, penetepan Heri Agus Setiawan sebagai Ketua DPRD Tanggamus berdasarkan Surat DPP PDIP Nomor: 445/IN/DPP/IX/2019, tentang Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus tertanggal 4 September. Surat tersebut ditandatangani Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

“Suratnya turun dua hari yang lalu serentak se-Provinsi Lampung,” kata Burhanudin.

Sebelumnya, kata dia, DPC PDIP Tanggamus sempat mengajukan tiga nama calon kepada DPP PDIP. Yaitu Heri Agus Setiawan, Buyung Zainuddin, dan Amrusi Sanusi. Dari tiga nama yang diajukan itu, hanya satu orang, yaitu Heri Agus Setiawan, yang dipanggil DPP PDIP ke Jakarta untuk mengikuti fit and proper test.

“Selang beberapa hari, DPP (PDIP) sudah mengumumkan hasil, yang mana langsung diberikan kepada Heri,” kata Burhanuddin.

Seluruh kader PDIP di Kabupaten Tanggamus, menurut dia, mendukung penuh penunjukkan Heri Agus Setiawan sebagai Ketua DPRD untuk kali keduanya. Ia berharap, Heri dapat menjalankan tugas dengan baik.

”Heri sebagai wakil partai di DPRD, maka harapannya dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Saya sudah berpesan kepada Heri agar tidak salah langkah dengan melakukan hal-hal yang tidak sesuai peraturan dan menimbulkan friksi. Saya percaya serta yakin, Heri mampu (melaksanakan tugas dengan baik dan menjaga nama baik PDIP). Sebab dia sudah membuktikannya dengan lima tahun menjabat sebagai Ketua DPRD dan kali ini ia ditunjuk lagi,” tandas Burhanuddin Noer. (ayp)