Lacoca, Kedai Kopi Pertama dalam Hotel

TRANSLAMPUNG.COM – Cara baru untuk menikmati kopi di Lampung. Kini tak perlu bingung untuk mendapatkan robusta sebagai komoditas asli Sang Bumi Ruwa Jurai dalam bentuk siap saji.

Ada yang unik, jarang ditemukan di dalam hotel, yakni kedai kopi mini. Dengan mengusung nama Lacoca Lampung Coffee Cafe, Pure Organic Robusta Coffee, Anda bisa menemukannya di Horison Hotel Lampung, tepat di pusat kota, Jalan Raden Intan, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung.

Tempatnya tidak terlalu besar, tetapi berhasil menarik minat para pengunjung hotel. Karena memang posisisnya di dekat area kuliner dan dimsum. Beragam pilihan varian kopi berbahan dasar kopi asli robusta yang diolah secara organik siap memberikan cita rasa kopi asli.

Tepat pada momen pergantian tahun, koran ini bertemu dengan owner Lacoca, Muhammad Endi Hasibuan, bersama tim peneliti biji produk kopi, Khairullah.

Endi mengatakan, hadirnya kedai kopi mini Lacoca pertama di dalam hotel ini bertujuan ingin kembali memperkenalkan harta karun Lampung, yaitu kopi robusta. ”Juga menjadikannya sebagai gaya hidup dan beragam manfaat minum kopi,” jelas Endi.

Ide awal Lacoca juga baru pada 2016 setelah suksesnya event Lampung Coffee Festival (Lacofest). Endi mendapatkan ide untuk mendirikan Lacoca dan branding lebih spesifik dengan menyajikan kopi organik Robusta siap saji.

“Karena saat ini orang sudah banyak menyukai kopi Lampung Robusta. Tetapi, masih bingung mendapatkannya di mana yang masih bercitarasa asli dan jaminan pengolahannya yang masih organik,” jelasnya.

Untuk branding, Lacoca memang berkonsep segmen high premium. Perdana hadirnya di hotel juga menyasar konsumen menengah ke atas dengan tujuan meningkatkan nilai jual petani kopi. Karena saat kopi disajikan siap saji, maka harganya juga naik.

Hal ini juga diakui Khairullah. Kendala saat ini, kata dia, petani kopi Lampung memang masih mengedepankan kuantitas dibanding kualitas. Metode pengolahan secara organic masih jarang. Padahal manfaat dari pengolahan kopi secara organik dapat lebih memberikan manfaat.

Seperti kopi original yang disajikan di Lacoca ada yang bermanfaat untk relaksasi, diet, dan diabetes. “Dalam pemilihan biji kopi dan pengolahan ada tahap penurunan kafein sampai 0,76 persen dari tingkat keasaman dan aman jika dimimum bergelas-gelas,” jelasnya.

Dan dengan metode organik murni tanpa kimia, dipastikan kopi tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan. Seperti lambung perih atau ketakutan tidak bisa tidur yang akan membuat badan tidak fit. Intinya, Lacoca ingin mengembalikan filosofi kopi enjoy with healthy dengan metode pengolahan organik.

Selanjutnya, pilihan varian kopi yang disajikan Lacoca juga cukup unik. Ada kopi wine, kopi original yakni relax coffee, diet coffee, hercules coffee, dream coffee, dan antidiabet coffee. Ada juga kopi cola relax coffee blend cola, kopi fantarelax coffee blend fanta, dan kopi sprite relax coffee blend spirte.(tnn)

News Reporter