Kutukan Juara Community Shield Kembali Hantui Arsenal

0
164
views
Arsenal dihantui kutukan kegagalan pemenang Community Shield menjadi juara Premier League pada musim yang sama. (AFP)

TRANSLAMPUNG – Euforia tengah menyelimuti ruang ganti Arsenal usai memenangi Community Shield 2017. Namun, sembialn bulan mendatang, Arsenal mungkin akan dihinggapi ketakutan akan hadirnya kembali kutukan juara Community Shield.

Seperti diketahui, Arsenal meraih trofi Community Shield 2017 setelah menang adu penalti 4-1 atas Chelsea. Adu penalti dilakukan lantaran sepanjang 90 menit kedua tim bermain imbang 1-1. Akan tetapi, konon pemenang di ajang amal ini takkan menjadi juara di Premier League pada musim yang sama.

Sejak 2010, tak pernah ada pemenang Community Shield yang menjadi juara Premier League pada musim tersebut. Bahkan, sejak kali pertama digelar pada 1908, baru ada 18 klub pemenang Community Shield (dulu bernama Charity Shield) yang sembilan bulan kemudian menjuarai liga.

Pada 2011-12, Chelsea sebagai juara Premier League menjadi pemenang Community Shield pada 2011. Namun, pada akhir musim, sang rival sekota, Manchester City yang meraih titel Premier League.

Dua tahun beruntun setelah itu, kedua tim saling klaim titel Community Shield. Man City menjadi pemenang pada 2012, tetapi Man United yang sukses di Premier League. Pada 2013, giliran Man United yang membuka musim dengan titel Community Shield tetapi tercecer dalam persaingan juara Premier League yang menjadi milik Man City.

Pada 2014, Arsenal yang mengakhiri paceklik gelar dengan meraih gelar Piala FA 2013-2014, meraih ajang yang dulu bernama Charity Shield ini. Namun, Chelsea-lah yang paling berbahagia pada akhir musim.

Tahun berikutnya, The Gunners kembali menjadi pemenang pada laga pembuka musim. Pada pengujung 2014-2016, Leicester City membuat kejutan dengan menjuarai Premier League.

Musim lalu, Jose Mourinho meraih tiga gelar juara dengan salah satunya adalah Community Shield. Namun, justru mantan klubnya Chelsea yang menjadi pemenang di liga.

Tahun ini, Arsenal meraih titel Community Shield. Akankah kutukan sejak 2011 berlanjut? Patut menjadi kekhawatiran anak asuh Arsene Wenger pula karena selama era Premier League, Arsenal yang pernah juara dua kali tak pernah menyandingkan dengan Community Shield.

Pada 1998 dan 1999, Arsena menjadi pemenang Community Shield, tapi juara Premier League musim yang sama adalah Manchester United. Arsenal kembali merebut Community Shield pada 2002 dan 2004, tapi lagi-lagi kampiun Premier League 9 buan setelahnya adalah Man United dan Chelsea.

Hal serupa terjadi pada 2014 dan 2015, kala anak asuh Arsene Wenger kembali mengangkat trofi Community Shield. Malang tak dapat ditolak, untuk pantang diraih. Juara Premier League seteahnya adalah Chelsea dan Leicester City.

Lalu, bagaimana saat Arsenal menjadu juara Premier League pada 1997-1998 dan 2003-2004? Sembilan bulan sebelumnya, tim yang merebut gelar Community Shield adalah Man United dan Liverpool, bukan The Gunners.

Nasib serupa juga berlaku terhadap Arsenal sejak beberapa tahun sebelum era Premier League. Ketika meraih gelar Community Shield pada 1938, 1948, 1953, dan 1991, klub asal London itu selalu mengakhiri musim dengan kegagalan menjuarai kasta teratas Liga Inggris.

Terakhir kali Arsenal sanggup menyandingkan trofi Community Shield dengan gelar juara Liga Inggris adalah pada 1934-1935, alias sudah hampir 87 tahun slam. Apakah Arsenal bisa mengakhiri kutukan juara Community Shield pada musim ini? Kita tunggu saja 9 bulan mendatang. (ira/JPG)