Kussarwono Buka Lomba Asah Terampil Petani Rayon III

TRANSLAMPUNG.COM, BANJIT – Asisten II Setdakab Waykanan Kussarwono atas nama Bupati Waykanan membuka Lomba Asah Terampil Rayon III Kecamatan Banjit, Kasui dan Kecamatan Rebang Tangkas di Gedung Serba Guna Kecamatan Banjit, Rabu (28/3).

Menurut mantan Kadis PU tersebut di era Bupati Tamanuri ini, petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian memiliki berbagai peran strategis dalam keberhasilan pembangunan pertanian. Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani untuk melakukan usaha tani yang lebih baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya.

“Atas dasar keserasian dalam tujuan, motif dan minat, beberapa orang petani dapat bergabung membentuk kelompok tani yang berfungsi wadah komunikasi antar petani. Kelompok  Tani merupakan tempat untuk memperkuat kerja sama diantara sesama petani di dalam kelompok tani maupun antar kelompok tani serta pihak lain, sehingga diharapkan usaha tani yang dijalankan petani lebih efisien, maju dan menguntungkan. Adalah tugas penyuluh pertanian untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani melalui kegiatan penyuluhan dan pembinaan terhadap petani dan kelompok tani,” paparnya.

Masih menurut Kussarwono, pembinaan terhadap kelompok tani bertujuan untuk membantu petani agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses teknologi permodalan, pasar dan sumber daya lainnya untuk meningkatkan produktifitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraannya, serta meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan hidup.

Salah satu bentuk pembinaan terhadap kelompok tani adalah melalui Lomba Asah Terampil Petani yang merupakan suatu kegiatan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan petani dalam melaksanakan usaha taninya, baik di sektor tanaman pangan, perkebunan, peternakan maupun perikanan serta pengetahuan umum lainnya.

“Kegiatan Lomba Asah Terampil Petani bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, memacu dan memotivasi petani untuk memanfaatkan teknologi pertanian modern serta mengembangkan fungsi kelembagaan kelompok tani sebagai wadah produksi dan kerjasama bagi petani. Penyelengaraan Lomba Asah Terampil Petani ini adalah sebagai wahana bagi petani untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar pikiran dan informasi  serta menjalin kemitraan antar sesama petani serta mitra usaha tani. Melalui Lomba Asah Terampil Petani diharapkan adanya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian  dan penguatan kelembagaan petani untuk mendukung Way Kanan Maju dan Berdaya Saing tahun 2021,” terangnya lagi.

Lebih jauh dikatakan Mas  Kus (pangilan akrab Kussarwono), moment penting dalam Lomba Asah Terampil Petani itu adalah sebagai media pengembangan diri, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, mengasah keterampilan dan menggali potensi diri bagi para petani yang tujuan akhirnya untuk mendapatkan petani yang handal dan berdaya saing. (yhs/hkw)

News Reporter