. . .

Kurangi Tingkat Perceraian

image_print

Kemenag Pesibar Lakukan Bimbingan Pranikah

TRANSLAMPUNG.COM,  PESIBAR – Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) perwakilan  Kabupaten Pesisir Barat melaksanakan bimbingan pranikah kepada calon pengantin (Catin), di Kantor Urusan Agama (KUA)  kecamatan setempat.

Menurut, kepala seksi (Kasi) hubungan masyarakat (Humas) islam, Ahmad Khotob mengatakan bahwa bimbingan pranikah tersebut dilaksanakan sesuai dengan intruksi Kemenag pusat guna untuk mengurangi tingkat perceraian di indonesia khususnya untuk di Kabupaten Pesibar.

“Ini merupakan langsung intruksi dari Kemenag Pusat dan merupakan program nasional untuk mengatasi tingkat percerain yang meningkat secara seknifikan ditiap tahunnya terhitung dari tahun 2016 hingga tahun 2018,” ujarnya kepada Trans Lampung di ruangkerjanya, Senin (4/9).

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin setiap minggunya yakni pada hari senin. Dengan tujuan bisa membekali wawasan pernikahan yang sesuai dengan agama dan hukum yang mengatur pernikahan kepada para Catin yang akan melangsungkan pernikahan pada hari esoknya.

“Ya supaya mereka bisa mengetahui dan tidak melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada pasangan hidup mereka nantinya. Segingga bisa lebih memahami arti sebuah rumah tangga dan bukan hanya kawin saja,” jelas Khotob dengan logat khasnya.

Khotob juga berharap, kepada Catin yang hendak melaksanakan Pranikah agar bisa mengikuti bimbingan tersebut sampai memahami dan baru melangsungkan pernikahan. Sehingga bibit bibit perceraian dan KDRT tidak tertanam didalam bahtra rumah tangga nantinya.

“Selain itu juga Pemerintah dalam hal ini Kemenag RI bisa menangani dan mengurangi tingkat percerain di indonesia yang setiap tahunnya meningkat secara seknifikan. Sehingga target kedepannya indonesia bebas KDRT dan semua problema pernikahan bisa teratasi,” tandasnya.  (r7/hkw)