Krisis Listrik Bisa Berakhir, Pusat Siapkan PLTG di Lamtim

0
503
views

LAMTIM – DPRD Lampung Timur mendukung rencana pemerintah membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Kecamatan Labuhanmaringgai.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Lamtim Djoko Pramono menjelaskan, dengan adanya PLTG di wilayah Lamtim diharapkan mampu mengatasi krisis listrik yang terjadi saat ini. Keuntungan lain, keberadaan PLTG diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran.

Namun, anggota Komisi III ini juga berharap, pembangunan PLTG harus direncanakan dengan matang. Antara lain, penetapan lokasi dan dampak lingkungan akibat pembangunan PLTG.  “Jangan sampai pembangunan PLTG justru memicu permasalahan baru,” lanjut Djoko.

Lebih lanjut dijelaskan, agar tidak memicu permasalahan baru, misal dalam proses pembebasan lahan.  “Rencana prmbangunan PLTG perlu disosialisasikan kepada masyarakat terlebih dulu,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pusat berencana membangun PLTG di Kabupaten Lampung Timur.

Itu disampaikan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat menghadiri musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten di Gedung Pusiban Sukadana, Kamis (24/3) lalu.

Menurutnya, pemadaman listrik yang sering terjadi di Provinsi Lampung saat ini, akibat PLN mengalami kekurangan daya. Salah satu upaya untuk mengatasi defisit listrik tersebut, Pemerintah telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan PT.PLN.

Hasilnya, pemerintah pusat melalui PT.PLN berencana membangun PLTG dengan kapasitias 200 megawa watt (MW) di wilayah Lamtim tahun 2017 mendatang.

Pertimbangannya, di Lamtim terdapat stasiun gas alam milik PT.Gas Negara yang berada di Kecamatan Labuhanmaringgai. “Berdasarkan koordinasi dengan PT.GN kuota gas untuk Lampung masih banyak yang belum dimanfaatkan.  Daripada tidak dimanfaatkan, lebih baik digunakan untuk PLTG,”jelas Gubernur.

Bupati Lamtim Chusnunia Chalim menyambut baik rencana pembangunan PLTG di wilayah Lamtim. Harapannya, selain dapat mengatasi defisit listrik. Pembangunan PLTG di wilayah Lamtim juga dapat menyerap tenaga kerja. “Kami sangat mendukung rencana tersebut,”kata Chusnunia.(tnn)

LEAVE A REPLY