. . .

KPUD Tubaba Tetapkan Zona Kampanye Dan 3 Jenis APK Yang Digunakan.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mensosialisasikan undang undang Kampanye pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

‎Hal tersebut‎ tertuang dalam PKPU No 23 Tahun 2018 sebagaimana telah diubah kedalam PKPU No.28 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.

Bedasar Pantauan Translampung.com. Kegiatan sosialisasi tersebut di ikuti oleh Seluruh Ketua dan Perwakilan Parpol diantaranya, ‎ Partai Demokrat, ‎ Gerindra, ‎ PDI-P, ‎PAN, ‎ Golkar, ‎PKS, ‎PPP, ‎ PKB, ‎Nasdem, ‎PSI, ‎ Perindo, ‎Hanura dan Partai ‎Berkarya.

‎Menurut Ketua KPUD Tubaba Ismanto ahmad dalam sambutannya mengatakan. Sosialisasi PKPU No 23 Tahun 2018 yang di ubah dengan PKPU No 28 Tahun 2018 terkait dalam memasuki tahap Kampanye pada Pileg dan Pilpres Tahun 2019 mendatang disampaikan ‎untuk Proses Tahapan Kampanye tersebut dijadwalkan sejak 23 September hingga 13 April 2019 dan semua proses itu tentunya sangat panjang.

‎” Untuk semua tempat atau zona kegiatan Kampanye akan di tetapkan dan  di SK kan, agar tertib dalam Aturan-aturan serta akan di bagikan ke seluruh Peserta Pemilu per Parpol, dan penetapan zona kampanye terbagi dua diantaranya, rapat umum terbuka, dan zona kampanye terbatas tertutup.‎” Kata Ismanto pada (20/9).

Terkait batasan dan area terlarang dalam kampanye nanti pihaknya telah berkoordinasi ‎dengan Dinas Perkimta, Dishub.  Adapun ketentuan  tempat  yang di larang dalam berkampanye juga tertuang dalam UU PKPU No 23 Tahun 2018 yang telah di ubah dalam PKPU No 28 tahun 2018  yaitu, ‎tempat ibadah termasuk halaman, ‎Rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, ‎Pasilitas Pendidikan, ‎Pasilitas Pemerintah Negara, ‎ Pasilitas Umum, ‎ Jalan Protokol, ‎Jalan Bebas Hambatan, ‎ Sarana dan Prasarana Publik juga‎ Taman dan Pepohonan.

” Soal bahan ‎APK itu ada Tiga jenis yakni. Baliho,  Spanduk  dan umbul umbul. Sementarai untuk pemasangan APK tersebut itu nantinya menurut yang sudah di SK kan dan di tetapkan dalam zona pemasangannya.” Katanya.

Menanggapi hal itu Ketua Bawaslu Tubaba Midian didampingi Sukirman hadi berharap.‎ Untuk Semua Pihak Parpol tentunya harus bisa mentaati regulasi yang telah di tetapkan terkait APK dan bahan Kampanye yang bernilai maksimal Rp 60.000 dan ini berbeda pada saat Pilkada kemarin Yang hanya Rp 25.000. (Dirman)‎