. . .

KPUD Pesibar Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPTHP-2 Pemilu Tahun 2019

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Komisi pemilihan umum daerah (KPUD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) melaksanakan rapat paleno rekapitulasi DPTHP-2 Pemilu tahun 2019 tingkat kabupaten di Gedung Serba Guna (GSG) Selalaw, Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (12/11).

Menurut komisioner KPU, Tulus Basuki mengatakan hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan tahapan Pemilu pada tahun 2019, ditingkat kabupaten kota.

“Untuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan umum pada tahun depan yakni sebanyak 112.478 mata pilih se-kabupaten Pesibar yang tersebar di 11 kecamatan, “ujarnya kepada translampung.com, dilokasi.

Dijelaskannya, adapun kendala hingga pada penetapan DPT yakni dari segi teknik pada pengumpulan data DPT tersebut oleh pihak PPK tingkat kecamatan dan ditingkat kabupaten dalam hal tersebut KPUD.

“Ya kendalanya seperti PPK mengunakan hitungan manual dan pihak kabupaten menggunakan hitungan elektronik, sehingga ada daftar pemilih ganda. Akan tetapi semua sudah teratasi dan sudah kita tetapkan sebagai DPT untuk Pemilu tahun 2019 mendatang, “jelasnya.

Selain itu juga, masih menurut, Tulus setelah ditetapkannya DPT tersebut maka secara otomatis DPT sudah ditutup dan pemilih sudah dibakukan untuk pemilu tahun mendatang.

“Akan tetapi jika ada nantinya pemilih yang belum terdaftar di DPT, maka dia bisa memilih dengan asumsi mengunakan e-KTP dan tidak terdaftar di DPT, ” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Kadisduk Capil atau mewakili, Kesbang pol atau mewakili, masing-masing perwakilan Parpol dan segenap tamu undangan. (r7)