. . .

KPUD Pesawaran Laksanakan Sosialisasi Kampanye kepada Partai Peserta Pemilu

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran, saat ini telah melaksanakan sosiallisasi Kampanye kepada 16 Partai Politik peserta pemilu tahun 2019 mendatang.

Menurut komisioner KPUD Peswaran Lina menjelaskan bahwa tahapan sosiallisasi kepanye kepada 16 partai  yang telah di laksanakan  diantara , sosiallisasi alat peraga, tempat untuk pemasangan alat peraga dan ukurannya.

“Ya, tahapan tersebut sudah  kita laksanakan sebelum tanggal 23 September 2018 ini, dikarnakan  pada tanggal tersebut sudah masuk tahapan kampanye sampai dengan tanggal 13 April 2019 yang akan datang,”kata Lina saat di wawancarai di kantor KPUD pesawaran ,Kamis (25/10/2018).

Dirinya juga menerakan bahwa  tujuan dari sosiallisasi tersebut, gunanya untuk memberitahukan pemahama ke partai politik  peserta pemilu baik dari peraturan Alat Peraga Kempanye (APK) dan yang lainnya.

“Intinya dalam sosialisasi ini pihak KPUD  menyampaikan aturan terkait dengan APK, seperti pemasangan Baleho, Spanduk dan Umbul. kalau Baleho dan Spanduk itu, di Fasilitasi oleh KPU.”jelasnya.

Sedangkan, lanjut lina untuk peserta pemilu juga di perbolehkan untuk membuat sendiri alat peraga, tapi dengan ukuran yang sudah di sepakati.Soalnya APK itu ada dua macam, yakni alat peraga sosiallisasi dan alat Peraga kampanye.

“Kalau alat peraga untuk sosiallisasi itu harus di turunkan sebelum tanggal 23 September sebab pada tanggal tersebut masuk masuk tahapan kampanye,”ujarnya.

Lebih lanjut dirinya juga mejelaskan bahwa dalam sosialisasi ini bukan hanya masalah itu saja yang kita sampaikan tapi pihak KPUD Juga menerangkan larangan untuk menempatkan alat peraga peserta pemilu.

“Untuk larangan pemasangan APK sendiri sudah ada ketentuan dan aturanya tentunya APK tersebut tidak boleh dipasang di tempat yang sidah kita larang seperti  tempat ibadah, sekolah, dan kantor pemerintahan.”jelasnya.

Alumni SMAN 1 gedong Tataan ini juga menambhkan bahwa untuk pertemuan yang akan di lakukan oleh para peserta pemilu ini tentunya terbatas karna selama melaksanakan kempanye, karna pihak KPUD hanya memberika kesempatan waktu  dua kali pertemuan selama menjalankan kampanye.

“Dua kali pertemuan saat melaksanakan kepanye ini adalah didalam ruangan dan di lapangan terbuka.Kalau pertemuan dalam ruangan tidak boleh melebihi dari seribu orang kalau lebih dari jumalah tersebut bisa di lapangan terbuka ,”terangnya.

Lina juga menambahkan bakwa pihak KPUD pesawaran juga telah menetukan lokasi yang natinya akan dipakai untuk kampanye calon Presiden dan calon Wakil Presiden yakni di kecamatan Gedong tataan dan di kecamatan Teluk Pandan.

“Kalau lokasi kampanya  untuk di kecamatan Gedong Tataan berada di Lapangan Sido Toto, untuk di Kecamatan Teluk Pandan kita tentukan berada di Lapangan Hanura.sedangkan untuk kamanye  tingkat Kabupatenya  diakan  setiap kecamatan yang ada di Bumi Andan Jejama ini , ” pungkasnya (*/ydn)