KPUD Pesawaran: Baru Satu Parpol Lengkapi Syarat Pemilu 2019

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pesawaran mengungkapkan, sampai saat ini baru ada satu partai politik (Parpol) yang sudah melengkapi persyaratan pemilu dan caleg 2019 mendatang.

Beberapa partai politik yang sudah melakukan verifikasi untuk melengkapi persyaratan pemilu dan caleg 2019 di KPUD Pesawaran, semua pemberkasannya dikembalikan karena data-datanya tidak sinkron.

“Vrefikasi perdana partai Perindo yang sudah kita terima dan sudah melengkapi data -data anggota partainya. Sedangkan partai yang lain yang sudah melakukan verifikasi keanggotannya di KPUD Pesawaran ini kita kembalikan lagi, karena data Sikpol tidak sinkron ,” ujar Ketua KPUD Pesawaran Aminudin Jum’at (13/10) sore.

Menurutnya, selama ini pihaknya telah menerima verifikasi pemberkasan empat parpol, di antaranya partai Perindo, PSI, NasDem, dan PDI-P.

Namun dari empat parpol ini, ada tiga parpol yang semua pemberkasannya tidak sinkron atau tidak lengkap, sehingga dikembalikan pemberkasan tiga parpol ini untuk diverifikasi ulang.

“Kalau partai Perindo sudah memenuhi persaratannya. Tapi untuk tiga parpol lainnya kita kembalikan pemberkasannya, karena data keanggotannya tidak sinkron,” ujarnya.

Yatin P Sugino selaku Divisi Hukum Perencanaan Program dan Data KPUD Pesawaran menambahkan, pembukaan untuk verifikasi parpol ini dilaksanakan sejak 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2017.

Kalaupun pihak parpol di Kabupaten Pesawaran tidak melakukan verifikasi menurutnya sah-sah saja, karena bisa saja kepengurusan parpol di kabupaten, khususnya di Pesawaran belum ada keanggotaannya dan kemungkinan di kabupaten lain sudah terbentuk.

“Nah, saat ini kita masih menunggu beberapa parpol untuk melakukan verifikasi keanggotaannya, karena KPU sampai hari akhir nanti menunggu hingga jam 12 malam,” terangnya.

Yatin menjelaskan, berdasarkan data di Kesbangpol Pesawaran, saat ini ada 17 parpol yang ada di Pesawaran, dengan rincian 12 parpol yang ikut dalam kancah Pileg di 2014 dan ada lima parpol baru yang akan mengikuti Pileg 2019 mendatang.

“Kalau data dari Kesbangpol lima partai baru ini adalah partai Perindo, Partai Solidaritas Idonesia (PSI), Partai Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Kerja,” pungkasnya .(ydn)

News Reporter