. . .

KPU Pesawaran Monitoring DPT Pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran, melakukan monitoring  turun kelapangan untuk memastikan daftar nama- nama Pemilih tetap sudah di tempel apa belumnya di tempat umum.

Menurut Komisioner KPU Pesawaran, Yatin Putro Sugino mengatakan, pihaknya turun ke lapangan ini, untuk memonitoring daftar nama pemilihan tetap.

“Kita turun ke lapangan ini, untuk mengkroscek DPT sudah di tempel apa belum di tempat tempat umum, seperti di desa atau dusun. Jadi warga masyarakat juga bisa mencermati namanya sudah masuk di DPT apa belum, kalau yang belum masuk di DPT nanti bisa bisa menggunakan KTP sewaktu Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden,” kata Yatin di Kantor Desa Sukaraja, Kecamatan Gedong Tataan, Kamis ( 6/9/18).

Lebih lanjut Yatin juga menjelaskan bahwa DPT Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden ini, jumlah mata pilihnya meningkat dari pemilihan Gubernur yang di laksanakan pada tanggal 27 juni tahun 2018 lalu.

Dan peningkatan DPT pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden mengalami peningkatan yakni sebanyak 328. 806 mata pilih. Sedangkan pada Pemilihan Gubernur jumlah mata pilihnya sebanyak 321. 063 mata pilih.

“Peningkatan mata pilih ini dari usia 17 tahun dan para pensiunan TNI Polri di tahun 2018 ini, di sini lah bisa nambah jumlah mata pilihnya,” ujarnya

Sementara itu, ketua KPPS Desa Sukaraja Mery menyampaikan, bahwa mata pilih di Desa Sukaraja sendiri, terdapat masih banyak ke gandaan.

“Kalau yang ganda masih banyak, sekitar 90 mata pilih. kegandaan ini terjadi, di karenakan adanya masyarakat yang pindah, seperti di dusun tempat tinggal dia sebelum pindah masuk data, begitu dia pindah ke dusun yang lain masuk data juga. Jadi, langkah yang kita ambil nantinya akan kita hapus salah satunya,”pungkasnya. (*/ydn)