. . .

KPU Pesawaran Berikan Bimtek kepada PPK dan Operator Mutarilis

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesawaran melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh PPK dan Oprator Mutarilis yang ada di masing-masing kecamatan di kabupaten Pesawaran.

Menurut Ketua KPU Pesawaran Amin Udin mengatakan diadakan bimtek kepada PPK dan Oprator Mutarilis ini guna memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mempermudah menyikapi banyaknya pemilih yang ada dalam satu KK namun beda TPS.

“Bimtek ini tujuannya sih awal untuk mempersamakan persepsi guna pemahaman lebih terkait dengan pemasukan data yang disiapkan di fom-fom KPU tentang bagaimana kita pihak KPU bisa memberi kemudahan kepada mereka bagimana persiapan nanti proses menuju DPS di tingkat desa sampai dengan di tingkat PPK,KPU Kabupaten dan KPU Provinsi untuk pilgub ini.”kata Amin Udin ,Rabu (21/2).

Amin Udin menjelaskan saat ini berdasarkan data yang diperoleh KPU Pesawaran banyak terjadi dalam satu keluarga namun tidak memilih dalam satu TPS dan ini perlu ada solusinya.

“Pada prinsipnya memang ada beberapa hal yang harus ada solusi seperti dalam satu keluarga pecah di TPSnya dan bagaimana jalan keluarnya  supaya dapat mendekatkan TPS terhadap pemilihnya,prosesnya salah satunya yakni dengan cara merubah data pemilih tergantung domisilinya.Pada prinsipnya jangan sampai ada pemilih jauh dari tempat dia memilih (TPS),karena mau kita untuk pemilih tahun ini agar bisa lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya .”jelas Amin.

Sementara itu saat ditanya kendala apa yang dihadapai pihak KPUD terkait proses Murtalih ini,Amin Udin mengutarakan hanya soal penginputan data.

“Kendalanya hanya dalam penginputan data saja namanya ini kan seluruh indonesia satu server.Karena proses murtalis itu prosesnya paling terpajang di agenda kepemiluan bahkan sampai H-7 pun masih masih kita lakukan bahkan sampai pemilihan .”urainya.

Lebih lanjut Amin mengatakan pada intinya dilakukannya kegitan tersebut ialah agar mereka para PPK dan Oprator Mutarilis yang ada itu,mengerti bagaimana cara mengaplut data DPS agar tidak salah .

“Kegiatan ini yang pertama biar mereka tahu proses aplut datanya ,jangan sampai salah bagaimana cara memindahkan datanya seperti dari TPS 1 ke TPS 2 bagaimana prosesnya jangan sampai ada kesalahan sedangkan untuk target kita DPS bagus dan palit untuk pemilih.”pungkasnya. (ydn)