KPU Metro: Proses Silon Sampai Penetapan DCT

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Saat ini proses pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) melalui Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon). Dijadwalkan orang yang ditunjum sebagai Silon oleh parpol akan stand by hingga penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada bulan September.

“Mereka yang dari luar langsung ke Silon ini. Sistem Aplikasi Pencalonan (Silon). Selama masa pendaftaran sampai tanggal 17,” kata Toni Wijaya, selaku Komisioner KPU Kota Metro, Senin (9/7).

Orang yang ditunjuk sebagai Silon nantinya akan menerima pendaftaran, melakukan penelitian terhadap berkas, setiap dokumen yang diserahkan oleh partai politik, baik berkas pencalonan maupun berkas calon.

“Berkas yang diajukan partai politik, basisnya dari form di silon,” imbuh Toni.

Proses Silon nantinya sampai penetapan DCT (Daftar Calon Tetap) pada bulan September.

“Ada L.O yang ditunjuk partai politik untuk berkomunikasi dengan KPU terkait proses pencalonan, yakni Silon,” imbuh Agus Rianto selaku anggota KPU.

Silon ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Agus Rianto menghimbau, agar Parpol yang mendaftar konsultasi dulu ke KPU agar tidak terjadi kesalahan pada proses pendaftaran.

“Sebelum melakukan proses pendaftaran, ada baiknya Parpol konsultasi dulu, karena kita membuka ruang untuk konsultasi, jangan sampai nanti balik lagi karena ada yang salah,” ujar Agus. (suf/hkw)

News Reporter