. . .

KPK Tambah Personel Penyidik 

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melantik 12 penyidik muda di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. Pelantikan ini memperkuat upaya lembaga antirasuah tersebut dalam memberantas tindak pidana korupsi.

Deputi Penindakan KPK Brigadir Jenderal Polisi Firli melantik dua belas penyidik muda di hadapan Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan, jajaran struktural KPK, serta segenap pegawai kedeputian penindakan.

Dalam upacara ini, dua belas penyidik muda menyatakan sumpahnya untuk bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat demi kepentingan negara. Selain itu, kedua belas penyidik muda juga menandatangani pakta integritas yang disaksikan langsung oleh Direktur Penyidikan KPK R. Z. Panca Putra dan Kepala Biro Hukum KPK Setiadi.

“Hari ini, saya secara resmi melatik saudara-saudara sebagai penyidik,” kata Firli, kemarin.

Firli berpesan agar penyidik yang baru dilantik segera menguasai dan mempelajari lima tugas pokok KPK. Ia pun berharap penyidik-penyidik muda yang telah memiliki rekam jejak melakukan penyelidikan tindak pidana di instansi sebelumnya dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Rekan-rekan masuk KPK bukan dari nol. Bahkan saya yakin, berdasarkan rekam jejak yang rekan-rekan lakukan, bahkan sudah pernah ada yang melakukan penyelidikan tindak pidana korupsi,” ucap Firli.

Ke-12 penyidik muda yang baru saja dilantik merupakan kandidat terbaik dari 161 peserta seleksi yang berasal dari Bareskrim dan Polda di seluruh Indonesia. Proses seleksi telah digelar sejak Juli 2018. Rangkaian seleksi itu terdiri dari tes potensi akademik, psikologi, fisik, dan tes wawancara.

Pada akhir pelantikan, Firli mengingatkan pada penyidik baru untuk memegang sumpah yang telah dibacakan. “Mari kita kerja keras dan saling bekerja sama. Karena tidak ada orang yang bisa sukses tanpa bantuan orang lain. Selamat bekerja,” pungkas Firli. (Riz/fin/tnn)