KPK OTT Wali Kota Batu, Sita Uang Ratusan Juta

0
282
views
Wali Kota Batu berinisial ER bersama istri (Malang Post/JawaPos.com)

TRANSLAMPUNG.COM – Kembali, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ‎melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah.

Setelah Bupati Batubara, kali ini dalam operasi senyap yang digelar di Jawa Timur, tim Satgas Penindakan KPK berhasil membekuk Wali Kota Batu, Malang, Jatim, berinisial ER, Sabtu (16/9) sore.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JawaPos.com (group Translampung.com), ER ditangkap karena kedapatan melakukan transaksi suap menyuap, untuk mengegolkan proyek senilai miliaran rupiah.

Selain ER, tim juga berhasil menangkap sejumlah pihak lain yang diduga sebagai pihak penyuap.

Dari hasil pemeriksaan awal pada operasi tangkap tangan (OTT) Tim Satgas Penindakan KPK terhadap Wali Kota Batu berinisial ER didapatkan barang bukti berupa uang sejumlah ratusan juta rupiah.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, dalam operasi senyap tersebut lembaga antirasuah telah mengamankan uang senilai ratusan juta. Uang itu diduga berkaitan dengan suap.

“Ratusan juta uang (diamankan oleh KPK),” ujar Basaria saat dikonfirmasi, Sabtu (16/9).

Basaria menambahkan, lembaga yang dikepalai oleh Agus Rahardjo ini telah mengamankan lima orang yang diduga terkena operasi senyap itu.

Mereka langsung diterbangkan dari Jawa Timur ke Kantor KPK di Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan intensif.

“Saat ini sebagai tindakan awal, tim membawa lima orang tersebut ke kantor kepolisian terdekat untuk dilakukan pemeriksaan awal,” katanya.

Namun demikian, Basaria enggan menyebut siapa saja empat orang tersebut selain Wali Kota Batu dengan inisial ER.

Kata dia, informasi lengkap akan disampaikan pada saat konfrensi pers.

“KPK akan infomasikan lebih lanjut hasil OTT ini dalam konferensi pers besok (Minggu 17/9),” pungkasnya. (jpg)