. . .

“Kotaku” Pringsewu 2018 Dipastikan Siap

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Pemerintah Kabupaten Pringsewu siap menjalankan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) berbasis kawasan pada tahun 2018 ini. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Kabupaten Pringsewu, Ivan Kurniawan yang melakukan kunjungan mendadak ke Base Camp Tim 15 Program Kotaku Pringsewu.

Kedatangan Ivan untuk memastikan kesiapan Pengelola Program Kotaku dan Pemkab Pringsewu terkait realisasi program Kotaku berbasis kawasan.

Ivan juga melakukan verifikasi lapangan, melihat kesiapan Kabupaten Pringsewu untuk menerima program Kotaku berbasis kawasan tersebut masuk juga dalam pendampingan hasil Musrembang Kabupaten Pringsewu lalu.

Sementara itu, Wakil Tim 15 Fadli mengungkapkan, saat ini kawasan yang akan diprogramkan yakni kawasan di kelurahan Kecamatan Pringsewu. Hampir seluruh kawasan yang tersebar di Kecamatan ini disiapkan lahan padat kumuh dan miskin (PAKUMIS).

“Kita tinggal menunggu terbitnya DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) dalam APBN. Insya Allah kita target setelah muncul DIPA, maka bisa langsung go project,” tutur Fadli.

Program Kotaku merupakan program pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat untuk mempercepat penanganan kawasan kumuh perkotaan. Gerakan 100-0-100 merupakan inti dari program ini. Program Kotaku menargetkan penyediaan 100 persen akses aman air minum, nol persen kawasan permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak, lanjut Fadli.

“Ini masuk di visi misi Bupati dan dicanangkan dalam RPJMD, jadi harus dijalankan,” ungkap Fadli.

Sementara dikonformasi melalui telepon seluler, Nang Abidin Hasan selaku Camat Pringsewu  berharap , agar target penuntasan Kotaku ini bisa dituntaskan sebelum berakhir target secara nasional.

Diungkapkan juga oleh Nang, bahwa  program Kotaku secara nasional ditargetkan rampung hingga akhir 2019.

“Kita berharap Pringsewu bisa berkontribusi dan selesai sebelum target nasional, entah itu pertengahan tahun 2019 atau akhir tahun 2018, kita berdoa saja,” harap Mantan Kepala Bagian Organisasi ini.

Sementara itu juga Nang mengatakan bahwa saat ini kabupaten Pringsewu khususnya Kecamatan Pringsewu telah mempersiapkan program Kotaku berskala kawasan. (rez/hkw)

error: Content is protected !!