Kondisi Jumlah RTM Perlu Didata Ulang

0
517
views

TRANSLAMPUNG.COM, Way Kanan-Jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) menjadi momok bagi aparatur kampung, karenanya perlu dilakukan pendataan ulang, demikian dikatakan Kepala Kampung Jaya Tinggi Kecamatan Kasui Juli Admaja, disela-sela murenbang kecamatan Kasui, yang dilaksanakan di aula kecamatan Kasui, Selasa (28/2).

Menurut Juli, jumlah RTM yang ada saat ini tidak sesui dengan kondisi sebenarnya, hal ini disebabkan tidak adanya koordinasi pihak Badan Pusat Statistik (BPS) dengan aparatur Kampung di wilayah masing-masing.

“Jika tidak dilakukan verifikasi ulang, tentu ini akan menjadi beban moral kami sebagai aparatur kampung. Banyak program pemerintah yang sasaran objeknya adalah rumah tangga miskin, seperti Raskin, KIP dan KIS, serta BPJS”, terang Juli.

Selain itu, Kakam Jaya Tinggi ini jiga menambahkan, terkait dengan Penghasilan tetap RT dan Linmas yang nilainya sangat tidak relevan dengan tugas yang diembannya.

“Ini perlu diatur ulang regulasinya, agar tidak terjadi kesenjangan diantara aparatur yang satu dengan lainnya. Dan terkait dengan tidak dilibatkanya Kepala Kampung dalam penanda tanganan PHO proyek fisik, ini sangat disayangkan. Hal ini akan mengakibatkan semakin amburadulnya kualitas bangunan,” keluh Juli.

Menanggapi keluhan Kakam Jaya Tinggi tersebut, Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony berjanji akan mengkoordinasikannya dengan pihak-pihak terkait, dengan menghadirkan perwakilan para Kepala Kampung se-kabupaten Way Kanan.

“Saya meresppn positif keluhan para kepala kampung dalam musrenbang ini, insya Allah akan kita tindak lanjuti dengan mengkoordinasikannya dengan pihak-pihak terkait, agar harapan perbaikan kedepan dapat dilakukan,” yakin Wabup.(yhs)