. . .

Kombes Pol Sulistiyaningsih: Perhatikan Keabsahan Berita

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Upaya melakukan penangkalan terhadap maraknya berita Hoax pada era digital ini, Kabid Humas Polda Lampung, Sulistiyaningsih mengajak seluruh mahasiswa Universitas Lampung (Unila) agar dapat perhatikan keabsahan sumber berita.

Hal tersebut disampaikan saat menggelar talkshow bersama mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unila dengan tema “Netizen Anti Hoax“ yang diselenggarakan di Gedung Graha Wiyono Siregar Polda Lampung pada Sabtu (28/4)‎ lalu.

Menurut Komisaris Besar (Kombes) Polisi Sulistiyaningsih menyampaikan tentang prespektif hoax menurut Kepolisian juga beragam strategi Kepolisian dalam menanggulangi dan menekan peredaran Hoax atau cara tips menangani berita Hoax tersebut.

“Kali pertama kita Perhatikan sumber berita, apakah berita itu berasal dari sumber yang terpercaya atau tidak. ‎Baca keseluruhan berita, jangan hanya membaca judul dan paragraf pertama karena seringkali judul dan ringkasan berita dibuat provoaktif oleh penulis berita untuk mendapatkan atensi pembaca,” kata dia dalam rilisnya saat dikutip translampung.com, Minggu (29/4) sekira pukul 15:40 WIB.‎

‎Selain itu pihaknya juga mewajibkan agar pembaca dapat mencermati juga meneliti keaslian video dan gambar dalam berita tersebut, pastikan video dan gambar itu bukan merupakan hasil manipulasi pembuat berita.

“Pada kesempatan ini saya menghimbau dan mengharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk bersama dan menyebarkan kepada keluarga, teman dan tetangga agar senantiasa mewaspadai berita Hoax yang dapat merugikan suatu golongan, pihak juga diri sendiri,” imbuhnya.

Penutupan ‎kegiatan tersebut diwarnai dengan Deklarasi Anti Hoax oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unila serta pemberian cinderamata kepada narasumber oleh Kabid Humas Polda Lampung Dra Sulistiyaningsih. (dir/hkw)‎