Kok Bisa Dibohongi Arab Saudi, Soal Kuota Haji

0
493
views

Kenaikan kuota jumlah jemaah haji yang dijanjikan arab saudi tahun ini tidak berjalan lancar. Kuota yang diberikan ke Indonesia ditetapkan sama seperti tahun sebelumnya yakni 168.800 orang. Oleh karenanya, Kementerian Agama (Kemenag) sudah bertekad untuk memanfaatkan seluruh kuota tanpa tersisa.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memaparkan sejumlah strategi untuk bisa maksimal memanfaatkan kuota tersebut. Salah satunya, tahun ini, Kemenag akan membuat kuota cadangan bagi penyelenggaraan haji khusus. Cadangan ini seperti yang diberlakukan pada penyelenggaraan haji reguler.

Lukman menuturkan, rencananya, cadangan akan diprioritaskan untuk lima persen dari jumlah kuota yang berangkat. Tahun lalu, kuota untuk jamaah haji khusus 13.600 haji khusus. Dengan kata lain, ada 680 cadangan dibawah nomor porsi berangkat yang harus standby saat menjelang penyelenggaran ibadah haji.

Adanya cadangan ini penting. Dengan adanya cadangan, maka ada antisipasi ketika peserta yang masuk dalam porsi berangkat tahun ini batal berangkat, maka cadangan bisa langsung mengisi kursi kosong tersebut. Pihak cadangan pun telah bersiap sebelumnya karena pemberitahuan sudah dilakukan.

”Tahun lalu belum ada cadangan. Problemnya, banyak yang sudah melunasi dan batal berangkat, karena sakit atau meninggal. Sementara, calon jamaah dibawahnya tidak cukup waktu untuk mengurus kelengkapan,” tuturnya di Jakarta, Kamis (17/3).

LEAVE A REPLY