Kodim 0412/LU Panen Padi di Tubaba 

TRANSLAMPUNG.COM, BANDAR LAMPUNG – Kodim 0412/LU dan Dinas Pertanian Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar kegiatan Panen Padi Musim Tanam Rendeng 2017/2018.Kegiatan Panen Padi tersebut berlangsung di lokasi Cetak Sawah 2016 Musim Tanam Rendeng 2017/2018 seluas 54 Hektar di tiyuh(Desa) Panaragan Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kegiatan Panen Padi tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim 0412/LU Letkol Inf R.D Bahtiar K, S.IP., Kadis Pertanian Tulang Bawang Barat Syamsul Komar, Sp, Danramil 412-01/TBT Kapten Inf Gus Amirul Amin, Kabid Pertanian Dinas Pertanian Tulang Bawang Barat Sutrisno, Petugas Penyuluh Pertanian Ir. Sulasmi, Ketua Gapoktan Minak Indah Supriyadi, Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya H. Sukri dan puluhan Para Petani yang menggarap sawah di areal Cetak Sawah 2016. Senin(19/2/2018).Sekira pukul 10.00 Wib,kemarin

Komandan Kodim 0412/LU Letkol Inf R.D Bahtiar K, S.lP Mengatakan,Areal sawah yang melaksanakan panen padi saat ini merupakan bagian dari kegiatan Cetak Sawah 2016 kerjasama antara TNI Angkatan Darat(AD)dengan Kementerian Pertanian RI yang sudah menunjukkan hasil yang positif karena kesungguhan petani dalam menggarap lahan yg disediakan.“Di lokasi ini sudah dilaksanakan panen untuk keduakalinya, panen pertama bulan September 2017 dengan hasil 4 Ton Gabah/Ha, sedangkan saat ini hasil panen mencapai 5,4 Ton Gabah/Ha ini menunjukkan peningkatan Hasil yang signifikan, “kata Dandim 0412/LU.

Ditambahkannyanya, Panen padi kali ini mendorong petani lainnya khususnya di lokasi-lokasi cetak sawah 2016 untuk tetap giat menggarap lahan yg disediakan sehingga dapat meningkatkan produktitivas atau hasil panen yang maksimal.Kita lebih fokus untuk mendorong para petani agar sungguh-sungguh dalam peningkatan kerja untuk pengolahan dan merawat padi sehingga hasilnya bisa maksimal, dan bukti pada hari dengan ucapan terima kasih kepada kepala Dinas Pertanian Tubaba serta kerja keras Babinsa dan PPL selama ini membuahkan hasil yang nyata, “tegasnya.

Ditempat yang sama kepala Dinas Pertanian Kabupaten tubaba Syamsul Komar, Sp memberikan apresiasi kepada para petani yang di naungi kelompok tani dengan mengolah sawah menjadi hasil panen yang meningkat dari tahun sebelumnya.Ia juga mengutarakan program cetak sawah tersebut selalu di berikan suplai kebutuhannya dari Pemkab Tubaba mulai tahun 2016-2017 hingga nantinya para petani bisa berkembang sendiri.“Kita bangga atas peningkatan hasil panen yang sangat signifikan seperti ini,upaya pemerintah dalam membantu para petani ini sudah kita lakukan.mulai dari pemberian Bibit padi, Pupuk, pembasmi hama bahkan kapur. Tentunya semua itu kita dukung agar kesejahteraan petani di tubaba bisa berjalan dengan baik, “pungkasnya.(*)

 

News Reporter