. . .

KK Versi Terbaru, Zainudin: Ini Lebih Lengkap

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Kementerian Dalam Negeri Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil per 1 Oktober 2018 menerbitkan Kartu Keluarga (KK) versi terbaru dengan format data kependudukan yang lebih lengkap.

Diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandarlampung, A. Zainudin, tidak saja sekedar mencantumkan status pernikahan namun juga akan tercatat jelas dalam KK tanggal dan tahun pernikahan.

“KK versi 7.0 ini lebih lengkap memuat data kependudukan dari versi sebelumnya. Tujuannya tidak lain untuk memperkuat data kependudukan,” ungkapnya, Selasa (9/10).

Berkaitan dengan perubahan format kolom status pernikahan tersebut dijelaskannya, ke depan masyarakat kembali diwajibkan melampirkan copy kutipan akta nikah setiap melakukan pencetakan ulang E-KTP atau perubahan KK.

Selain mencatatkan tanggal dan tahun pernikahan, KK versi terbaru juga  memuat golongan darah, dan perluasan kolom agama.

Untuk perluasan kolom agama sendiri ditambahkan Zainudin, bertujuan agar dapat memuat aliran kepercayaan secara detail.

“Tujuannya untuk memuat agama kepercayaan berikut aliran kepercayaan yang dianut. Nah, ketentuan ini terbaru. Negara memberikan kebebasan kepada penganut aliran kepercayaan,” jelasnya.

Kendati demikian, Zainudin menekankan, bagi masyarakat yang telah memiliki KK dan E-KTP tidak perlu terburu-buru melakukan perubahan KK.

“Tidak perlu terburu-buru juga merevisi KK, nanti saja ketika ada perubahan KK atau pencetakan ulang E-KTP hilang atau rusak. Karena KK baru ini sifatnya tidak mengikat dalam waktu dekat, meski tetap ke depan perlu dilakukan perubahan,” tandasnya. (jef/hkw)