Khamami: Musrenbang Dimanfaatkan Sebaik Mungkin

0
644
views

TRANSLAMPUNG.COM, MESUJI-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan se-Kabupaten Mesuji tahun 2017 resmi dibuka oleh Bupati Mesuji, Khamami. Pembukaan musrenbang berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Kecamatan Mesuji di Wiralaga, Senin (27/2), sekaligus membuka pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Mesuji.

Dalam acara itu, turut dihadiri anggota DPRD Kabupaten Mesuji Tri Isyani dan Eddy Sandani, Sekretaris Daerah Rizal Fauzi, Camat Mesuji Sunardi, Kapolsub-sektor Mesuji Ipda Ramdani, kepala desa, ketua BPD, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda se-Kecamatan Mesuji.

Bupati Khamami dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbang merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan secara berjenjang, yakni dimulai dari musrenbang tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten, kemudian disusun menjadi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) pada tahun depan.

“Saya minta agar kegiatan musrenbang ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan tidak hanya sebatas acara seremonial saja. Semoga melalui forum ini dapat menjadi ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan daerah dan nasional,” ujarnya.

Selanjutnya, saya berpesan agar kegiatan Musrenbang ini hendaknya diikuti dengan sungguh-sungguh, bukan hanya menjadi kegatan seremonial saja. Saya berharap melalui kegiatan Musrenbang ini mampu menjaring aspirasi masyarakat pada tingkat kecamatan yang akan menentukan arah kebijakan Pemerintah kedepan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Mesuji, Sukarman mengatakan musrenbang tingkat kecamatan dimulai pada hari ini di Kecamatan Mesuji. Selanjutnya besok akan kita gelar musrenbang Kecamatan Rawa Jitu Utara, dan menyusul kecamatan-kecamatan lainnya.

“Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2017 kita buka di Kecamatan Mesuji pada hari ini dan dijadwalkan akan ditutup pada 8 Maret 2017 di Kecamatan Simpang Pematang. Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan dasar bagi Pemerintah Daerah untuk menyusun anggaran dan program pembangunan pada tahun yang akan datang,” terangnya.(man)