. . .

Ketua TP-PKK Pesawaran Berikan Apresiasi Kegiatan Mini lokakarya Triwulan Puskesmas

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan mini lokakarya triwulan puskesmas yang di laksanakan di di Aula Kecamatan Negeri Katon, Senin ( 7/5/2018).

Selain memberikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan tersebut istri Bupati pesawaran ini juga memberian Transport kepada Kader Posyandu di Kecamatan tersebut.

Menurut Nanda sapaan istri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona ini mengatakan bahwa dengan adanya pemberina transport kader tersebut diharapkan pelaksanaan kegiaatan pemberdayaan masyarakat di Posyandu dapat berjalan dengan lancar dan pelaksanaan kegiatan di posyandu dapat ditingkatkan.

“Mudah mudahan dengan adanya transpot tersebut kader posyandu bisa bekerja dengan baik sesuai apa yang di harapkan ,”ucapnya.

Nanda Indira Dendi juga menjelaskan bahwa secara umum tujuan diadakan kegiatan lokakarya mini triwulan ini ialag untuk mengkaji, menginformasikan dan mengidentifikasi capaian hasil kerjasama lintas sektoral  kegiatan triwulan sebelumnya dan tersusun rencana kerja triwulan berikutnya.

“Nah,tujuan khususnya antara lain untuk membahas dan memecahkan masalah dan hambatan yang dihadapi serta untuk merumuskan mekanisme/rencana kerja lintas sektoral yang baru untuk triwulan yang akan datang”,ucapnya

Dirinya juga menjelaskan hingga saat ini, Posyandu masih menjadi sarana penting di dalam masyarakat yang mendukung upaya pencapaian keluarga sadar gizi (KADARZI), membantu menurunkan angka kematian bayi dan kelahiran, serta mempercepat penerimaan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

“Kegiatan di dalamnya ini meliputi kegiatan pemantauan pertumbuhan yang diintegrasikan dengan pelayanan seperti imunisasi untuk pencegahan penyakit, penangulangan diare, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan kontrasepsi, hingga penyuluhan dan konseling.”jelasnya.

Ditambahkannya bahwa posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang di kelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar dan sosial dasar masyarakat.

“Posyandu ini sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan terus diupayakan,”ucapnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa berbagai kebijakan telah dibuat, bermacam kegiatan dan program telah dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang depan pemberdayaan masyarakat.

“Intinya pembangunan kesehatan tidak semata menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi juga harus melibatkan seluruh elemen masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat dan saya berikan  apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan mini lokakarya triwulan puskesmas ini.”pungkasnya. (ydn)